Pemerintahan

9 Januari, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Naker

Taliwang, – Tim bersama pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), akan mengumumkan hasil seleksi administrasi terhadap calon tenaga kerja (Naker) yang mengajukan lamaran untuk bekerja pada PT Macmahon, sebuah perusahaan yang menjadi mitra bisnis penambangan di Batu Hijau, pada 9 Januari 2018 mendatang.

Naker non skill yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes tulis yang direncanakan sehari setelah pengumuman seleksi administrasi. Sedangkan pelamar yang mempunyai Skill akan mengikuti tes wawancara pada 11/1. “Semoga tahapan itu bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang telah direncanakan,” kata H Abdul Hamid MPd selaku kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), kemarin.

Dibeberkan H Hamid sapaan akrabnya, berkas yang diajukan naker harus diberikan bobot nilai sebesar 35 persen, sementara tes tulis bobot nilainya 65 persen. “Untuk penentuan akhir nantinya digabung antara bobot nilai administrasi dengan bobot nilai tes tulis, sehingga muncul perangkingannya dan pastinya yang tinggi bobot nilai menjadi perioritas untuk direkrut sebagai tenaga kerja,” lanjutnya.

Disampaikan juga oleh H Hamid, khusus untuk pelamar yang melalui jalur Skill, hasil praktek lapangan sangat mempengaruhi penilaian, karena perusahaan ingin merekrut naker yang berpengalaman. “Bobot nilai praktek sebesar 65 persen, terus harus mengikuti juga medical checkup untuk memastikan kondisi fisik dari calon karyawan tersebut,” bebernya.

Dikesempatan itu H Hamid juga menyampaikan bahwa jumlah pelamar mencapai 6 ribu orang, sesuai dengan berkas lamaran yang dikirim melalui kantor pos, sementara jumlah kebutuhan tenaga kerja skil maupun non skill hanya 819 orang. Jumlah itu sendiri harus dikurangi dengan jalur khusus dimana diikuti oleh tenaga kerja yang berstatus daftar tunggu (waiting list). “Bagi pelamar jalur waiting list lamarannya langsung diantar ke Disnakertrans,” akunya.

Pembukaan lowongan pekerjaan rupanya diminati oleh para pencari kerja dari seluruh Indonesia. Buktinya, tidak sedikit pelamar dari luar daerah yang ikut mengajukan lamaran, terutama untuk lowongan skill. “Lowongan ini memang terbuka untuk umum, jadi siapa saja boleh ikut selama syarat yang ditetapkan dapat dipenuhi,” ucapnya, sambil menegaskan bahwa proses perkrutan dilakukan secara transparan, adil dan penuh rasa keadilan.

H Hamid tidak lupa memberikan pesan kepada semua pelamar, agar tidak pernah menggunakan jasa calo atau menyerahkan apapun dengan janji bisa diloloskan dalam seleksi naker tersebut, karena tim yang diberikan kepercayaan tidak akan bertanggung jawab dengan kerugian yang dialami. “Tidak ada calo dalam proses seleksi ini, jadi semua anggota tim seleksi tidak akan memungut biaya apapun dalam proses prekrutan dan yakin saja prosesnya dilakukan secara transparan dengan tetap mengedepankan Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh. **