Pemerintahan

Hari Ini, 10 Jabatan Eselon II Lowong akan Diisi

Fud : Rencana ada Eselon III

Taliwang, – 10 jabatan tinggi pratama atau setara dengan eselon II lowong lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan diisi pada Jum’at 5/1 (hari ini, red). Pengambilan sumpah jabatan itu akan dilangsungkan diruang Graha Fitrah pukul 08.30 pagi.

“Saya sudah dapat perintahkan untuk membuat undangan menghadiri acara mutasi atau pengisian jabatan lowong, jadi saat ini bisa dipastikan ada pengambilan sumpah jabatan untuk pejabat tinggi pratama,” aku H Abdul Malik Nurdin, S.Sos, MSi selaku kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), pada Kamis 4/1 kemarin.
H Malik mengelak saat dikonfirmasi apalah ada jabatan lain yang masuk dalam gerbong mutasi, lantaran dirinya tidak bisa memberikan keterangan yang sudah menjadi kewenangan pimpinan daerah. “Sampai saat ini saya hanya tahu bahwa pengambilan sumpah jabatan hanya untuk 10 jabatan lowong, jadi untuk tambahan jabatan lain pada gerbong mutasi akan ditetaplan oleh pimpinan daerah,” elaknya.

Ditempat terpisah, Fud Syaifuddin ST selaku Wakil Bupati KSB menyampaikan, jika ada kemungkinan bukan hanya pengisian jabatan tinggi pratama pada mutasi nantinya, tetapi juga akan melakukan pengisian terhadap jabatan eselon III yang lowong ditinggal pejabatnya pensiun. “Kemungkinan ada pejabat eselon III juga yang akan dimutasi, tetapi kepastiannya masih menunggu pembahasan yang sedang dilakukan,” ucapnya.

Masih keterangan Fud sapaan akrabnya, khusus mutasi jabatan eselon III bukan hanya mengisi jabatan lowong, tetapi juga akan dilakukan pergeseran sejumlah pejabat dan tentunya akan ada yang dipromosi. “Yang akan mengisi jabatan eselon II adalah pejabat pemegang jabatan eselon III, jadi akan terjadi lowong yang begitu banyak. Hal itu yang menjadi pertimbangan sehingga akan ada mutasi untuk eselon III,” lanjutnya.

Orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu menolak untuk memberikan keterangan, siapa saja yang masuk dalam gerbong mutasi, lantaran pembahasan masih berlangsung. “Tunggu saja besok pagi siapa saja yang mendapat kepercayaan untuk memegang jabatan. Pastinya pejabat itu memiliki kompetensi serta loyalitas dan kemampuan untuk mengemban amanah sebagai aparatur pemerintah KSB,” timpalnya.

Sebagai informasi jabatan eselon II yang akan diisi setelah melalui proses seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel) adalah, Dinas Kesehatan (Dikes), Dinas Pertanian Perkebunan dan Pertanakan (Distanbunak), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Permukiman (DPUPRPP), kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Badan Pendapatan dan Asset Daerah (BPAD), Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A), Sekretaris DPRD Staff Ahli Bupati Bidang Pembangunan. **