Hari Ini, Tim Bersama Berencana Umumkan Naker Jalur Skill

Taliwang, – Tim bersama perekrutan tenaga kerja untuk penempatan pada PT MacMahon selaku perusahaan aliansi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), yang diketuai oleh Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM berencana mengumumkan hasil seleksi terhadap jalur skill (keahlian) pada Senin 29/1 (hari ini, red).

“Sebenarnya ingin diumumkan secara bersamaan dengan yang jalur semi skill dan non skill, namun tim bersama masih harus menggelar pertemuan dengan tenaga penguji praktek terlebih dahulu yang mengetahui tingkat kemampuan dari pelamar itu sendiri, termasuk nilai yang diberikan, jadi pengumuman akan dilaksanakan pada Senin,” tegas H Pirin sapaan akrab Bupati KSB dihadapan sejumlah wartawan saat konfrensi pers untuk pengumuman naker jalur semi skill dan non skill, Sabtu dini hari kemarin.

Dikesempatan itu H Pirin mengakui bahwa informasi awal yang diterima, jika saat uji praktek banyak pelamar yang ditengarai memiliki kemampuan standar atau tidak masuk dalam kategori yang dicari oleh perusahaan, sehingga ada kemungkinan jumlah yang lulus kurang dari kouta. “Bisa jadi akan dibuka kembali lowongan untuk jalur skill,” lanjutnya.

Jika memang harus dibuka kembali lowongan skill, H Pirin berharap tidak harus menunggu lama dan harus ada pembatasan umur, karena ada kemungkinan yang sudah berusia diatas 40 justru memiliki pengalaman dan kemampuan sesuai standar perusahaan. “Kriteria akan dibahas kembali jika memang akan dibuka kembali lowongan skill,” timpalnya.

Sementara Benny Tanaya yang merupakan salah seorang anggota tim bersama menyampaikan, jika hasil medical check up (MCU) khusus untuk pelamar yang masuk kategori waiting list sudah rampung dan bisa diterima langsung oleh yang bersangkutan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). “Silakan para waiting list untuk mengambil hasil MCU pada Senin 29/1 (hari ini, red),” katanya.

Disampaikan Benny sapaan akrabnya, pengumuman MCU itu sendiri tidak dilakukan secara terbuka, mengingat berkaitan dengan privasi seseorang. “Pelamar itu sendiri yang akan mengetahui apakah dirinya dinyatakan sehat atau fit dan memenuhi kriteria sebagai pekerja tambang,” lanjutnya sambil mengingatkan bahwa tim bersama saja yang mengetahui hasil akhir seluruhnya dari hasil MCU itu sendiri.

Dari sebanyak 245 orang waiting list yang melamar, yang mengikuti MCU yang dilaksanakan di RSUD Asy Syfa sebanyak 239 orang. Benny menyatakan bagi pelamar yang dinyatakan tidak sehat (unfit) berdasarkan hasil MCU itu, maka otomatis akan gugur dan tidak bisa berlanjut ke tahapan selanjutnya. “Sedangkan bagi pelamar yang dinyatakan sehat (fit) akan berlanjut ke tahapan LoA (letter of agreemen) sebelum resmi bekerja,” imbuhnya. **