Kementan Beri Penghargaan Abdi Bakti Tani Pada BP3 Seteluk

Taliwang, – Balai Penyuluhan Pertanian dan Perikanan (BP3) Kecamatan Seteluk berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Menteri Pertanian (Kementan) untuk Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) berprestasi utama bidang pertanian Abdi Bakti Tani tahun 2017.

Penyerahan penghargaan langsung Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Amran Sulaiman itu dilaksanakan pada hari Jumat 23/2 kemarin, diterima oleh Dian Dwi Maryati, STP selaku koordinator penyuluh pertanian kecamatan seteluk, didampingi , Kepala BP3 Seteluk, Muhammad Nur kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Ir HM Alimin.

Pada kesempatan itu Muhammad Nur mengaku sangat bangga dan terharu dengan prestasi yang ditorehkan tersebut dan berharap bisa menjadi tambahan motivasi semua pihak. “Prestasi yang luar biasa ini harus menjadi suntikan semangat untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan harus dipertahankan sebagai tanggung jawab mutlak,” katanya

Dikesempatan itu juga dibeberkan, jika untuk dapat mewakili Nusa Tenggara Barat (NTB) bukan hal yang gampang, dimana harus mengikuti proses seleksi sebagai bentuk penilaian. “Penilaian dilaksanakan pada tahun 2017 lalu, termasuk untuk seleksi berkas pada tingkat provinsi NTB, lalu dilanjutkan dengan verifikasi lapangan oleh tim penilai dari kementrian Pertanian dan presentasi di hadapan tim penilai yang telah dilaksanakan di Bogor pada November 2017 yang lalu,” bebernya.

Masih keterangan M Nur sapaannya, Tim penilai melakukan penilaian berdasarkan 14 indikator seperti, moto layanan, standar layanan, pengakuan kemanfaatan dari masyarakat, serta dukungan terhadap pembangunan sektor petanian. Dari 66 unit kerja yang diajukan dan kemudian diverifikasi lapangan, berhasil dikerucutkan menjadi 36 UKPP. “Dari 36 UKPP kemudian di kerucutkan menjadi beberapa UKPP terbaik yang menjadi juara, dan Alhamdulillah BP3 Seteluk salah satunya,” tandasnya.

Beberapa prestasi yang kami raih saat ini adalah hasil kerja keras dari rekan-rekan di BP3 Seteluk dengan semangat dan moto kerja IJS, termasuk adanya dukungan yang luar biasa dari banyak pihak baik dari pimpinan daerah maupun legislatif khususnya komisi II, mudah-mudahan prestasi ini dapat kami pertahankan dan kami tingkatkan di masa yang akan datang. “Prestasi atau menjadi juara Abdi Bakti Tani tahun 2017 merupakan prestasi yang ke-4 kali diraih oleh BP3 Kecamatan Seteluk di tingkat Nasional,” urainya. **