Pendidikan

UPT LAYANAN DIKMEN & PK-PLK KSB Laksanakan OSK

Taliwang, – Unit Pelaksana Tekhnis layanan Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus (UPT Layanan DIKMEN dan PK-PLK) untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah menggelar Olimpiade Siswa Kabupaten (OSK) untuk menguji kemampuan pelajar dengan nama lomba Olimpiade Siswa Nasional (OSN).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh kepanjangan tangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbut) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai bentuk realisasi atas tugas dan fungsi, termasuk untuk mencari wakil pada lomba yang lebih tinggi nantinya.

Hamdon SPd, MM selaku Kepala UPT Layanan Dikmen dan PL-PLK KSB menyampaikan, OSN yang dilaksanakan merupakan salah satu wadah dalam peningkatan minat dan bakat siswa pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) pada bidang sains dan teknologi. “Kegiatan ini bisa juga sebagai kesempatan dalam menguji kemampuan para siswa itu sendiri,” tuturnya.

Dibeberkan juga bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan itu bukan hanya dari SMA/MA, tetapi juga memberikan kesempatan siswa dari jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). “Peserta dari SMA sebanyak 201 orang, lalu dari MA sebanyak 9 orang, SMP ada 8 orang dan utusan dari MTs ada 3 orang, sehingga total seluruh peserta berjumlah 221 orang,” urainya, sambil menambahkan bahwa mata pelajaran yang dilombakan adalah, Matematika, Fisika, Informatika/Computer, Biologi, Kebumian, Ekonomi, Kimia, Astronomi dan Geografi.

Sebagai informasi penting juga yang disampaikan Hamdon, siswa yang terpilih menjadi 3 terbaik dari masing-masing mata pelajaran yang dilombakan, memiliki hak untuk mengikuti kompetisi serupa pada tingkat Provinsi NTB yang direncanakan pelaksanaan pada April mendatang.

Sementara Drs Nasrum selaku ketua panitia pelaksana menguraikan, meskipun lomba diikuti oleh pelajar SMP/MTs pihak panitia tetap menggunakan soal dan standar yang sama dan berharap peserta terbaik nanti bisa juga menjadi juara pada tingkat provinsi, sehingga bisa mewakili NTB pada tingkat nasional yang direncanakan di Padang, provinsi Sumatera Barat pada minggu pertama Juli mendatang. **