Pemerintahan

Saat Mutasi 214 ASN, Bupati KSB Minta Pejabat “Tidak Sombong”

Taliwang, – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas lingkup pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang dilaksanakan Jum’at 9/3 kemarin terhadap 214 orang dipimpin langsung Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin MM didampingi Wabup KSB, Fud Syaifuddin ST, Sekda KSB, H Abdul Azis, MH, Wakil Ketua DPRD KSB, H Amir Ma’ruf Husain MPd dan Waka Polres KSB, Kompol Ismudiantot, MH.

H Pirin sapaan akrab Bupati KSB dalam sambutannya meminta kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama yang telah dilantik untuk tidak sombong dan memahami diri dengan tidak melupakan masa lalu atau sejarah, selalu rendah hati membiasakan diri mengalah untuk menang. “Karakter pemimpin harus ada dalam diri kita sebagai pejabat, yaitu Ikhlas, Jujur, Sungguh-Sungguh (IJS) dalam bekerja,” katanya.

Dikesempatan itu H Pirin juga menyinggung jika Korea Selatan (Korsel) pernah dijajah Jepang selama 35 tahun, namun warganya tidak mau mengaku kalah dari orang jepang. “Tertanam dalam diri masyarakat Korsesl bahwa Jepang boleh menang tapi Korea tidak kalah dan membangun karakter Disiplin, Jujur dan Sungguh-Sungguh atau ulet. Karakter itu dibangun sampai 40 tahun dengan melibatkan instrumen wajib militer. Falsafah Korea Selatan ini sejalan degan tageline di KSB yaitu IJS,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada para pejabat. Selama dua tahun kepemimpinan bersama Wakil Bupati telah banyak dibantu. Mutasi hari ini pun merupakan waktu yang tepat, karena sebelumnya menunggu auditor pulang. Setelah para pejabat selesai mempertanggungjawabkan pekerjaaanya, maka pada hari ini bisa dilantik.

Sebagai informasi, 214 orang pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya sesuai SK Nomor: 070/821.2/BKD/2018 tertanggal 9 Maret 2018, satu diantaranya adalah Pejabat Tinggi Pratama, yakni H Taufiqurrahman, SIP, Staf Ahli Bupati Bidang Aparatur dan Kemasyarakat yang dipercaya menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK), dimana jabatan itu ditinggal pensiun oleh H Usman HI, MM.

Jabatan Administrator dengan eselon III/a dan III/b sebanyak tujuh orang yakni, Ferial, SKM yang sebelumnya menjabat Sekdis Dukcapil menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Organisasi Setda KSB. Suhadi, SP., MSi jabatan lama Sekretaris BPKD, jabatan baru Sekretaris Bappeda & Litbang. Kemudian Hasanuddin, MSi yang sebelumnya menjabat Kabid Mutasi pada BKD KSB dipercaya menjadi Sekretaris Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Marga Rahman, S.Sos, MM menjadi Sekdis Dukcapil.

Persegesaran untuk jabatan eselon IIIb terjadi pada Haeruddin, BA yang menjabat Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi Kabid Pengembangan dan Informasi Pegawai pada BKD, sementara Suryo Krido Laksono, SE bergeser menjadi Kabid Mutasi pada BKD. Sementara jabatan Pengawas sebanyak 206 orang dengan rician eselon IV/a sebanyak 156 orang dan eselon IV/b sebanyak 50 orang. **