Dinas Arpusda Akui Meningkat Jumlah Kunjungan Diperpustakaan

Taliwang, – Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpusda) mengakui jika jumlah kunjungan di perpustakaan pada triwulan pertama ditahun 2018 ini meningkat, lantaran ada pelayanan bagi peminat baca dihari Sabtu dan Minggu. “Sejak kami membuka layanan perpustakaan untuk hari Sabtu dan Minggu, maka jumlah kunjungan terus meningkat,” kata Sajadah S.Sos, Msi selaku kabid pembinaan perpustakaan kepada media ini.

Untuk menambah jumlah kunjungan ke pespustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca, terutama pelajar pada semua jenjang pendidikan, Dinas Arpusda akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora). “Kami berharap pihak Dikpora dapat memberikan himbauan kepada pihak sekolah agar membuat jadwal kunjungan khusus dihari Sabtu atau Minggu. Hal itu yang menjadi salah satu kerjasama yang akan dibangun,” lanjutnya.

Koordinasi dengan Dikpora juga terkait penggunaan bus sekolah, dimana para pelajar yang akan mengunjungi Perpustakaan diharapkan bisa menggunakan kendaraan plat merah tersebut. “Kalau menggunakan Bus sekolah maka bisa dijamin bahwa siswa memang datang berkunjung ke perpustakaan, apalagi para pelajar memang belum bisa kendaraan kendaraan karena tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM),” tuturnya.

Dikesempatan itu Ajad sapaan akrabnya mengakui bahwa pihaknya hanya bisa terus berinovasi dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat terutama pelajar, karena keterbatasan fasilitas dan pustaka yang dimiliki memang tidak bisa memancing para pelajar untuk terus mendatangi perpustakaan. “Fasilitas kami memang sangat terbatas, tetapi target besar meningkatkan minat baca tidak boleh kendor,” janjinya.

Masih keterangan Ajat, pihaknya berencana mengajukan anggaran khusus untuk penyediaan air mineral dan makanan bagi pengunjung. Hal itu sebagai upaya untuk mengajak pengunjung berada dalam waktu lama diperpustakaan. “Saya akan usulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) untuk air minum dan snak bagi pengunjung,” katanya.

Strategis lain yang akan dilaksanakan Dinas Arpusda dalam meningkatkan minat baca adalah, menggelar berbagai lomba bagi pelajar dalam semua tingkatan, baik itu lomba bercerita, lomba mewarnai, lomba bersekeco, lomba pidato, lomba menulis cerita dan lomba mendongeng. “Pada awal April nanti kami akan melaksanakan lomba mendongeng dengan target pelajar mencapai 300 orang,” akunya. **