Pendidikan

Jelang UN, Siswa SDN Telaga Baru Khatam Al-Qur’an

Taliwang, – Menjelang Ujian Nasional (UN), murid kelas enam SDN Telaga Baru melaksanakan hatam Al-Qur’an, Istighosah dan do’a bersama yang dihadiri langsung Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST. Kegiatan yang dilaksanakan di halaman musholla sekolah pada Kamis pagi 12/4 kemarin juga dihadiri Asisten Pemerintah dan Aparatur, Drs Mukhlis, MSi, kepala Dikpora KSB Drs Tajuddin, Msi, Kabag Humas & Protokol, Ir Abdul Muis, MM.

Dikesempatan itu Wabup meminta kepada semua siswa untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT dan beristigfar, berbakti kepada orang tua. “Khusus anak-anak kelas enam, minta do’a orang tua agar dimudahkan menjawab soal ujian dan bisa lulus. Kemudian taat kepada bapak ibu guru yang telah mendidik. Yang utama lagi adalah taat kepada Allah SWT. Caranya dengan melaksanakan sholat dan perintah Allah SWT lainnya serta menghindari larangan-NYA,” ucapnya.

Dikesempatan itu Wabup juga memberikan apresiasi kepada semua Guru dalam lingkup satuan pendidikan tersebut, lantaran telah mendidik anak didik, terutama pendidikan Agama yang baik. “Kegiatan yang dilaksanakan adalah contoh pendidikan agama sangat baik dan harus dicontoh oleh sekolah lainnya,” tuturnya.

Saat itu wabup juga memberikan pesan khusus kepada Kepsek SMPN 7 Taliwang yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, agar memiliki inovasi dalam meningkatkan minat anak asal Telaga Bertong untuk melanjutkan studi di SMPN 7 Taliwang. “SMPN 7 Taliwang dibangun untuk mengakomodir anak-anak Telaga Bertong dan sekitarnya, jadi untuk memunculkan minat masyarakat harus ada inovasi sebagai pancingan,” harapnya.

Sementara Muhammad SPd selaku Kepsek SDN Telaga Baru dalam laporannya menyampaikan, latar belakang kegiatan khatam Al Qur’an ini merupakan puncak dari kegiatan mengaji murid kelas enam. Kegiatan ngaji harian selepas sholat dzuhur berjamaah bersama guru di mushalla sekolah telah dilaksanakan sejak 2017 lalu. Sekolah pun akan memberikan sertifikat khatam Al-Qur’an untuk murid yang khatam.

Muhammad  juga mengungkapkan, banyak prestasi yang diraih SDN Telaga Bertong baru-baru ini, diantaranya pada November 2017 SDN Telaga Baru telah terakreditasi, yakni akreditasi A dengan nilai yang memuaskan. Mewakili KSB pada O2SN tingkat provinsi bidang studi IPA. Di Lomba yang digelar Dinas Arpusda beberapa waktu lalu, murid SDN Telaga baru mendapat juara satu lomba sakeco dan menjadi juara dua dan tiga lomba bercerita. “Pendidikan karakter berjalan lancar dan berkesinambungan khususnya kegiatan pembinaan rohani siswa setiap pagi jumat termasuk gerakan infak dan sodaqoh. Hasil infaq dan sodaqoh sebagian diserahkan ke Baznas KSB. Sementara sebagian lagi untuk sekolah yang dialokasikan untuk sejumlah kegiatan seperti perbaikan musholla dan lainnya,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan khatam Al-Qur’an. Sebanyak 33 murid kelas enam bersama guru bersama-sama membaca Qur’an Surat Adduha hingga Surat Annas. Usai khatam Al-Qur’an, kegiatan diisi dengan istighosah dan ditutup dengan do’a bersama. Do’a bersama yang dipimpin Ustadz H. Said, M.Pd yang dihajatkan bagi murid kelas enam menghadapi Ujian Nasional. **/Hms