Pemerintahan

Dinsos Upayakan Pencairan Bantuan Pariri Sebelum Idul Fitri

Taliwang, – Bantuan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam bentuk Pariri lanjut usia dan disabilitas untuk triwulan kedua, sedang diupayakan Dinas Sosial (Dinsos) selaku penanggung jawab program untuk bisa dicairkan sebelum perayaan Idul Fitri, agar para penerima bantuan bisa merasakan manfaat dari bantuan berkelanjutan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Manurung selaku sekretaris Dinsos KSB menuturkan, sekarang ini sedang diproses untuk pengajuan permohonan untuk bisa disetujui atas rencana pencairan bantuan tersebut sampai bulan Juni. “Kami berencana berproses lebih awal untuk pencairan tersebut, dengan pertimbangan bahwa warga penerima bantuan sangat membutuhkannya saat akan menghadapi lebaran,” tuturnya.

Diakui jika upaya itu sendiri cukup sulit, mengingat waktu kerja sebelum libur panjang hanya tinggal menghitung hari, namun pihaknya akan terus berupaya maksimal. “Semoga semangat kami untuk bisa mengusulkan proses pencairan bantuan Pariri Lansi dan Disabilitas untuk triwulan kedua ini bisa berjalan mulus,” ucapnya lagi.

Menyinggung soal pencairan bantuan untuk triwulan pertama tahun 2018, Manurung mengakui bahwa sudah bisa dikatakan rampung, meskipun ada beberapa laporan tentang adanya penerima bantuan yang belum bisa melakukan pencairan. “Sekarang sedang dilakukan evaluasi tentang kendala sampai ada yang belum masuk uang bantuan dari rekeningnya,” katanya.

Hasil evaluasi sementara, adanya laporan bahwa penerima bantuan belum bisa melakukan pencairan lebih disebabkan kendala tekhnis, seperti rekening yang dimiliki ada kesalahan dan butuh perbaikan. Persoalan itu diyakini bisa diselesaikan dalam waktu dekat. “Sekarang sedang dilakukan evaluasi menyeluruh, jadi belum bisa dibeberkan apa saja kendala sampai ada yang belum menerima bantuan,” terangnya. **