Pemerintahan

H Pirin : Pembubaran PT.DMB Tunggu Hasil Evaluasi Tim Independen

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr, Ir H W Musyafirin MM menyampaikan, jika pembubaran PT. Daerah Maju Bersaing (DMB) akan diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar bisa yang akan dilaksanakan pada akhir bulan ini.

Perusahaan patungan antara pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah KSB dan pemerintah Kabupaten Sumbawa (KS) yang menjadi perwakilan dalam akuisisi saham PT. Newmont Nusa Tenggara (NNT) itu bisa saja dipertahankan, jika tim independen yang diberikan kepercayaan untuk melakukan kajian dan evaluasi mengajukan rekomendasi untuk tidak dibubarkan.

“Apakah PT. DMB akan dibubarkan atau tetap dipertahankan tergantung dari hasil evaluasi dan kajian dari tim independen yang diberikan kepercayaan, jadi sekarang ini belum bisa dipastikan apakah perusahaan itu akan dibubarkan sesuai kesepakatan awal dalam RUPS sebelumnya,” kata H Pirin sapaan akrab orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu.

Diakui H Pirin, jika tim independen yang diberikan kepercayaan adalah komponen profesional yang diakui memiliki kemampuan dalam bidangnya dan tim itu sendiri hanya diberikan kewenangan untuk melakukan kajian serta evaluasi dalam 20 hari kedepan. “Kami yakin bahwa tim yang diberikan kepercayaan akan mampu menyelesaikan tanggung jawab dalam beberapa kedepan,” lanjutnya.

Diingatkan juga oleh Bupati KSB, memberikan kepercayaan pada tim independen untuk melakukan evaluasi dan kajian langsung menjawab harapan yang disampaikan DPRD KSB. “Memang benar bahwa pembahasan antara pemerintah KSB dengan pihak DPRD fokus pada saham yang dikuasai tersebut, kemudian bersepakat bahwa saham dimaksud untuk dijual, sementara pembubaran PT. DMB berkembang saat RUPS pada awal bulan lalu,” katanya.

Terkait dengan rencana mempertahankan PT. DMB dan diberikan kesempatan untuk bergelut pada kegiatan lain, H Pirin tidak merasa yakin bahwa opsi itu yang terbaik, tetapi bisa saja menjadi keputusan dalam RUPS nantinya. “Kita tunggu saja apa bentuk keputusan terhadap PT. DMB,” bebernya.

Sebagai informasi yang perlu diketahui bersama, PT. Multy Daerah Bersaing (MDB) yang merupakan perusahaan join dari PT. DMB sudah dibubarkan sebelumnya, lantaran saham yang dikuasai telah terakuisisi seluruhnya. **