Pemerintahan

Pemerintah KSB Tetap Lakukan Penertiban Areal Pasar Bayangan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akan langsung melakukan penertiban jika kembali terlihat aktifitas di pasar bayangan, sehingga diminta kepada semua pedagang agar tidak pernah berjualan dilokasi yang bukan pasar.

“Warga tidak boleh membuat pasar bayangan karena hal tersebut menyalahi tata ruang dan mengurangi nilai estetika wilayah Kota Taliwang, jika tetap terlihat maka tim penertiban akan terus memantau pedagang di pasar bayangan diikuti dengan penertiban,” tegas sekretaris Daerah (Sekda) KSB, H Abdul Azis, MH.

Disampaikan Sekda KSB itu, pemerintah KSB telah menyiapkan fasilitas dalam lingkungan pasar untuk melakukan aktifitas jual beli, jadi jangan ada yang membentuk pasar bayangan. “Pemerintah berharap pengertian kepada seluruh masyarakat, terutama pedagang agar tidak melakukan aktifitas jual beli diluar areal pasar,” lanjutnya.

Dikesempatan itu H Azis juga berpesan kepada semua aparatur pemerintahan, agar tidak menjadi pembeli dilokasi pasar bayangan, karena munculnya pasar bayangan itu sendiri tidak lepas dari adanya penjual yang enggan mendatangi pasar. “Saya minta kepada aparatur untuk menjadi contoh, dimana saat akan membeli kebutuhan datangilah pasar,” harapnya.

Terkait dengan adanya permintaan dari para pedagang lokasi pasar bayangan, agar lapak penjualan ikan dengan lapak penjualan sayur disatukan atau berdekatan, diakui akan menjadi pertimbangan pemerintah. “Saya sudah meminta Badan Pendapatan dan Asset Daerah (BPAD), agar dievaluasi kemungkinan melaksanakan permintaan para pedagang tersebut,” tuturnya, sambil mengingatkan bahwa evaluasi itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Sementara soal keberadaan parkir yang dilakukan dalam areal pasar, Sekda mengaku hal itu sebagai masukan yang baik dan akan segera ditindaklanjuti. “Untuk penertiban parkir akan segera diselesaikan oleh pihak Polisi Pamong Praja (Pol PP). Respon cepat itu sendiri sebagai upaya serius pemerintah mengantisipasi kembali munculnya pasar bayangan,” katanya.

Ketegasan Sekda itu setelah mendapat pernyataan yang disampaikan Herman, salah seorang pedagang di pasar Bayangan yang menyampaikan, pemerintah harus serius melakukan penertiban atau tidak tebang pilih. “Kami minta pemerintah untuk melakukan penertiban seluruh aktifitas dipasar bayangan, jadi jangan sebagian saja,” tandasnya. **