Kumpulkan Bantuan Gempa Lombok, IKBD-KSB “Ngamen Keliling”

Taliwang, – Berbagai cara dilakukan kelompok masyarakat yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk mengumpulkan bantuan korban gempa lombok. Ikatan Keluarga Bima-Dompu (IKBD) yang berada di Bumi Pariri Lema Bariri misalnya, untuk bisa mengumpulkan bantuan melakukan ngamen keliling tiap kecamatan.

Pada hari pertama ngamen di simpang selek kecamatan Taliwang, berhasil mengumpulkan uang tunai mencapai Rp. 6 juta. Aksi itu sendiri kembali dilaksanakan pada Minggu sore 12/8 kemarin, dengan mengambil lokasi kecamatan Maluk. “Kami berencana melakukan aksi penggalangan dana dengan cara serupa disemua kecamatan dan semoga bisa mengumpulkan dana untuk membantu korban gempa,” kata Ahmad Sofyan selaku sekretaris IKBD KSB.

Dikesempatan itu Pian sapaan akrabnya juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama melakukan aksi penggalangan dana harus menghadang para pengendara, apalagi disimpangan yang menjadi titik poin pengumpulan bantuan komunitas IKBD harus menggunakan pengeras suara dan alat musik. “Saya atas nama IKBD mohon maaf jika aktifitas masyarakat terganggu dengan upaya pengumpulan dana tersebut,” terangnya.

Sementara Drs Zainuddin, MM selaku anggota dewan penasehat IKBD KSB saat ikut dalam aksi itu mengaku, jika penggalangan dana sebagai bentuk responsif dan kepekaan komunitas IKBD KSB untuk membantu korban gempa. “Gerakan penggalangan dana harus terus dilakukan, mengingat kerusakan akibat bencana alam itu cukup besar dan masyarakat yang menjadi korban mengalami kerugian materi,” tuturnya.

Cahaya Khairani, SE yang menjadi koordinator aksi penggalangan dana mengatakan, seluruh bantuan yang terkumpul akan disalurkan secara bersama-sama dengan komunitas lain. “Belum kami bahas bentuk penyaluranya, tetapi sudah berkomunikasi dengan komunitas musik KSB, jika semua bantuan yang berhasil dikumpulkan akan dititipkan melalui komunitas lain yang dapat menyalurkannya,” tegasnya.

Ditempat terpisah, Fud Syaifuddin ST selaku Wakil Bupati KSB mengaku bangga dan apresiasi terhadap semua pihak yang bergerak secara masif untuk mengumpulkan bantuan gempa lombok. “Saya bangga dengan kepekaan masyarakat KSB yang terus melakukan penggalangan dana untuk bantuan gempa lombok,” ucapnya.

Dikesempatan itu Wabup juga mengingatkan, jika bencana alam yang dialami warga Lombok adalah cobaan dari sang pencipta untuk kita semua, sehingga dirinya berharap kepada seluruh masyarakat untuk lebih mendekatkan diri. “Mari terus kita beribadah dan memohon agar bencana yang terjadi dipulau Lombok segera berakhir dan KSB tidak mengalami bencana apapun,” tegasnya. **