Khidmat, Upacara HUT RI ke-73 Oleh Pemerintah Desa Kertasari

Taliwang, – Pemerintah Desa Kertasari kecamatan Taliwang, pada Jum’at pagi 17/8 kemarin, melaksanakan upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-73. Kegiatan yang dipusatkan di lapangan bola desa setempat dihadiri semua komponen warga, termasuk siswa dari semua sekolah yang berada di Desa wisata tersebut.

Pemerintah Desa Kertasari sengaja melaksanakan upacara tahunan tersebut, sebagai bentuk ajakan kepada semua masyarakat agar bisa mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara yang positif, termasuk dalam mendukung program pembangunan di Desa, apalagi kegiatan serupa nyaris tidak pernah lagi dilaksanakan.

Burhanuddin SH selaku kades Kertasari langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Brigadir Arief yang menjadi Bhabinkamtibmas diberikan kepercayaan sebagai komandan upacara. Untuk mensukseskan pelaksanaan upacara itu sendiri dilibatkan mahasiswa Universitas Negeri Solo (UNS) yang sekarang ini sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa setempat.

Dalam amanatnya saat pelaksanaan Upacara, Burhanuddin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua komponen masyarakat atas partisipasi dalam mensukseskan pelaksanaan upacara. “Kegiatan ini membuktikan bahwa kita semua tetap bersatu dan semoga hubungan ini terus dibina dalam mengawal dan mensukseskan program pembangunan yang telah direncanakan pemerintah Desa,” ucapnya.

Burhanuddin juga berharap bahwa kegiatan serupa akan menjadi tahunan yang bisa dilaksanakan, karena secara tidak langsung memberikan pengajaran kepada pelajar, terutama dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme. “Semoga kita bisa terus melaksanakan setiap tahun, sehingga pelajar mengetahui bahwa untuk meraih kemerdekaan, para pahlawan telah mengorbankan jiwa dan raganya,” lanjutnya.

Dikesempatan itu diingatkan juga bahwa pemerintah Desa sekarang ini sangat fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata. Semangat itu akan bisa diraih dengan sukses jika mendapat dukungan dari semua komponen masyarakat. “Mari kita kembangkan potensi wisata sebagai pendukung pengembangan Desa. Hal itu semua akan bisa dicapai jika pemerintah Desa dan masyarakat memiliki komitmen yang sama,” tuturnya.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis yang dilaksanakan pemerintah Desa bekerjasama dengan mahasiswa UNS yang sedang melaksanakan KKN, termasuk berbagai kegiatan hiburan masyarakat. **