Bupati KSB Tutup Upacara HUT RI ke-73 Dengan Teriakan Merdeka

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM bertindak sebagai inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-73 tahun 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Graha Fitrah lingkungan Kemutar Telu Center (KTC), pada Jum’at 17/8 kemarin. Sesaat akan meninggalkan lokasi pelaksanaan upacara sempat meneriakan kata “Merdeka”.

Teriakan yang sama juga diucapkan para undangan yang hadir, seperti, mantan Bupati KSB, Dr KH Zulkifli Muhadli, SH, MM, Wakil KSB, Fud Syaifuddin, ST. Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), unsur pimpinan dan anggota DPRD KSB, Ketua TP-PKK KSB, Hj Hanipah W Musyafirin, S.Pt, Ketua GOW KSB, Neni Apriati Fud Syaifuddin, termasuk pejabat dan aparatur lingkup pemerintahan yang ikut dalam upacara tersebut.

Upacara yang berlangsung khidmat itu dimulai pukul 10.00 Wita yang diawali dengan mendengar suara sirine selama 60 detik, kemudian dilanjutkan dengan pembancaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD KSB, Muhammad Nasir, ST, MM dan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara, Bupati Sumbawa Barat. Sementara Kapten Inf Nawari yang menjabat sebagai Komandan Rayon Militer (Danramil) 1628-01/Taliwang dipercaya sebagai komandan upacara dan Kapten Inf I Nyoman Suarta yang menjabat Perwira Seksi Personil Kodim 1628/KSB ditugaskan sebagai perwira upacara.

Usai pengibaran bendera,  rangkaian upacara HUT RI ini dilanjutkan dengan pembacaan do’a. Pembacaan do’a dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Barat, Drs H Syarifuddin, MM. setelah do’a, peserta upacara dan tamu undangan dihibur dengan parade lagu perjuangan oleh siswa-siswi SMP dan SMA di Kota Taliwang.

Pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 di KSB tahun 2018, pembawa bendera merah putih dipercayakan kepada Mufdillah. Mufdillah merupakan Siswi kelas dua SMAN 1 Seteluk. Petugas pembentang bendera adalah Aria Gusti Putra siswa kelas dua SMKN 1 Brang Ene. Sementara pengerek bendera adalah Rizki Maulana siswa kelas dua SMKN 1 Taliwang dan Hasan Murtadha siswa kelas dua MAN 1 Taliwang.

Bupati berpesan kepada para Paskibraka agar semua yang didapatkan selama masa pemusatan pelatihan tidak hanya sampai saat ini saja, tapi harus bisa diterapkan sampai kapanpun sehingga bisa memberikan energi positif kepada seluruh masyarakat. “Semangat patriotisme, disiplin, rela berkorban dan cinta tanah air yang telah ditanamkan selama pemusatan pelatihan harus diteruskan dan ditularkan kepada masyarakat,” terang Bupati.

Sebagai informasi, petugas pengibar bendera dipercayakan kepada lima orang putra dan putri terbaik, Mufdillah yang bertugas sebagai pembawa baki dari SMA Seteluk, diiringi oleh Rizki Fadila Sasmi dari MAN Taliwang, Aris Gusti Putra dari SMK 1 Brang Ene, Hasan Murtada dari MAN Taliwang, dan Muhammad Rizki dari SMK 1 Taliwang.

Sedangkan petugas penurunan bendera dipercayakan kepada Salsa Damai Akelba sebagai pembawa baki dari SMA 1 Taliwang, Rahilaskari dari MAN Taliwang, Awang dwipayahya dari MAN Taliwang, Raj’IDjuansyah dari SMA 1 Taliwang, dan Kahfi Kurani dari SMA 1 Brang Rea. **/Hms