Olahraga

Surfer Australia Dominasi Surfing West Sumbawa AMNT Pro 2018

Sekongkang, – Kejuaraan Surfing West Sumbawa AMNT Pro 2018 yang merupakan World Surf League Qualifying Series Mens/womens 2018 yang dilaksanakan dipantai Yoyo kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah berakhir pada Rabu 12/9 kemarin. Hampir semua kategori didominasi surfer asal Australia.

Hesyik Suwandi selaku panitia pelaksana membeberkan, untuk kategori putra, O’Brien Liam asal Australia menjadi jawaranya, lalu Zaffis Cris juga asal Australia sebagai runner up dan posisi ketiga diraih oleh Simbus Sheldon juga dari Australia, sedangkan Elliot Paenata Reid asal New Zeland menempati juara keempat.

Sedangkan kategori putri, surfer asal Australia kembali tempati posisi puncak, dimana Farimer Vittoria yang menjadi jawaranya, sementara Runner Up tempati Johnson Kailani asal Indonesia. posisi ketiga Elizabeth Stokely asal Australia dan Tiana Igquicido (Indonesia). “Para juara mendapatkan uang masing-masing, kategori putra Juara I, U$ 2.500, Juara II U$ 1.500 dan Juara III, masing -masing U$ 1000. Sedangkan kategori perempuan, Juara I, U$ 2.000, Juara II U$ 1.000 dan Juara III, masing -masing U$ 600,” bebernya.

Syarifuddin selaku Camat Sekongkang yang hadir dalam acara penutupan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua pihak, lantaran menunjuk pantai Yoyo sebagai spot surfing. “Kegiatan yang dilaksanakan ini akan memperkenalkan kecamatan Sekongkang kepada Dunia, jadi sangat berharap bisa dilaksanakan setiap tahun dalam mendukung percepatan pengembangan kecamatan Sekongkang pada khususnya, dan KSB pada umumnya,” katanya.

Sedangkan H Syarafuddin Jarot selaku senior manager sosial responsibility pada PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) memastikan, dukungan perusahaan bukan hanya untuk mensukseskan kegiatan, tetapi juga untuk menetapkan sebagai 100 calendes of event Kementerian Pariwisata (Kemepar). “Kami sangat serius mendukung kegiatan masyarakat, apalagi memiliki dampak positif seperti surfing,” akunya.

Diakui Jarot sapaannya, keseriusan perusahaan mendukung kegiatan surfing itu sendiri sangat beralasan, dimana surfing bukan sekedar olahraga, tetapi juga menjadi bagian penting untuk melakukan promosi terhadap destinasi wisata daerah bahkan mendukung percepatan investasi bahari. “Event West Sumbawa AMNT Pro 2018 World Surf League Qs mens/womens yang dilaskanakan ini sangat diminati. Buktinya, website beserta video live streaming mencapai 3,9 juta viewer di seluruh dunia, jadi secara tidak langsung KSB sudah memiliki nama di kancah kepariwisataan internasional,” katanya. **