Pemerintahan

Pemerintah Desa Bukit Damai Menggelar “Bersih Desa”

Maluk, – Pemerintah Desa Bukit Damai yang berada di Kecamatan Maluk, pada Senin 24/9 kemarin menggelar berbagai kegiatan keagamaan yang merupakan agenda rutin tahunan, sebagai upaya untuk membersihkan desa atau mengajak masyarakat menjaga kehidupan masing-masing serta menghindari kegiatan yang melanggar norma agama.

Kegiatan yang dipusatkan di gedung Bala Sangkaladi itu dihadiri semua jajaran pemerintah Desa Bukit Damai selaku penyelenggara, termasuk dihadiri Kepala Dinas Kesehatan (Dikes), H Tuwuh SAp, Camat Maluk, Anugerah, Kapolsek maluk, serta sejumlah Kades yang berada di kecematan Maluk.

“Kegiatan bersih desa biasa kami laksanakan setiap tahun atau bertepatan dengan bulan Muharram. Berbagai kegiatan itu sendiri seperti shalat Itigosah, pengajian serta doa bersama termasuk membuka kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan dalam lingkungan masing-masing,” ucap Suwardi selaku Kades Bukit Damai. 

Masih keterangan Suwardi, kegiatan yang dilaksanakan itu sendiri memang sengaja dipertahankan sebagai agenda tahunan, mengingat komunitas warga Desa Bukit Damai terdiri dari berbagai suku dan etnis, sehingga momentum kegiatan itu sendiri bisa menjadi agenda silaturahmi. “Pertemuan ini akan memperkuat tali silaturahmi antar warga masyarakat,” lanjutnya.

Terkait dengan anggaran kegiatan, pemerintah Desa sengaja menyiapkan dari Alokasi Dana Desa (ADD), termasuk sumbangan dari beberapa pihak yang tidak mengikat. “Kami menyiapkan ADD untuk kegiatan tidak terlalu besar, karena merasa yakin akan mendapat dukungan dari warga itu sendiri, mengingat kegiatan sangat positif bagi seluruh warga itu sendiri,” bebernya. **