Kesadaran Berlalu Lintas Pengendara KSB Masih Kurang

Taliwang, – Kesadaran berlalu lintas pengendara di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) perlu ditingkatkan. Buktinya, razia yang dilakukan tim gabungan antara Satuan lalu lintas Polres KSB bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) beberapa waktu lalu, berhasil menjaring 103 pelanggar pada hari pertama pra Operasi Zebra Gatarin 2018.

Iptu Tira Karista selaku Kasat Lantas Polres KSB membeberkan, dari hasil operasi gabungan yang dilaksanakan pada ruas jalan Undru atau tepatnya didepan SMPN 1 Taliwang, telah melakukan penilangan yang cukup banyak, dengan rincian, menilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 69 lembar, kemudian menilang Surat Izin Mengemudi (Sim) sebanyak 11 lembar serta mengamankan 23 unit kendaraan.

Razia gabungan yang dilaksanakan pada malam hari itu sebagai upaya untuk terus mengajak masyarakat agar tetap disiplin dan taat berlalu lintas. “Kami menggelar razia pada malam hari dengan limit waktu tidak lebih dari 2 jam, tetapi yang terjaring cukup banyak. Hal itu sebagai salah satu indikator bahwa kesadaran berlalu lintas masih kurang,” tuturnya.

Dikesempatan itu Iptu Tira Karista juga mengaku, jika pihaknya sudah melakukan berbagai upaya dalam mengajak masyarakat tertib berlalu lintas, namun semua upaya yang dilaksanakan tidak akan berhasil jika kesadaran warga sebagai pengendara itu masih kurang. “Kesadaran berlalu lintas akan menjami keselamatan bagi pengendara itu sendiri, jadi dirinya berharap kepada seluruh warga untuk taat berlalu lintas,” harapnya. **