Bantuan Pariri Lansia dan Disabilitas Mulai Dicairkan

Taliwang, – Bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp. 250 ribu perbulan bagi warga yang Lanjut Usia (Lansia) dan berkebutuhan khusus (Disabilitas), pada program Pariri Lansia dan Disabilitas mulai dalam proses pencairan untuk termin ketiga tahun 2018.

 

Penerima bantuan yang masuk dalam Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) akan menerima bantuan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui rekening yang telah dimiliki, sehingga proses pencairan lanjutan tidak akan memakan waktu terlalu lama.

 

“Saat ini sedang dalam proses untuk realisasi pencairan, namun yang pasti sudah ada yang masuk dalam rekening dari penerima bantuan tersebut dan semoga dalam sepekan ini bisa rampung dan penerima manfaat sudah bisa menggunakan untuk kebutuhan hidupnya,” kata Manurung selaku sekretaris Dinas Sosial sebagai leading sektor pelaksana program.

 

Masih keterangan Manurung, jumlah penerima program kartu Pariri Lansia dan Disabilitas sesuai keputusan Bupati KSB sebanyak 6.243 orang. Jumlah itu sendiri lebih banyak dari tahun sebelumnya, karena ditengah pelaksanaan program ditemukan warga yang memenuhi kriteria, namun belum masuk dalam data tersebut.

 

Dikesempatan itu Manurung juga mengatakan, jika jumlah penerima program Pariri Lansia dan Disabilitas sering berubah, lantaran calon penerima program diketahui sudah tidak lagi memenuhi kriteria atau meninggal dunia, lantaran bantuan dimaksud tidak bisa diberikan kepada ahli waris atau wakil. “Bantuan itu langsung kepada yang bersangkutan, jadi kalau meninggal dunia, pindah domisili atau dinyatakan tidak memenuhi kriteria, maka langsung dicoret dan dinyatakan tidak berhak lagi,” timpalnya. **