Lomba Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus Dimulai

Taliwang, – Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus ke-XXIII tingkat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berpusat di taman Tiangnam Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, Dr Zulkiflimansyah, MSc, pada Jum’at sore 26/10 kemarin.

 

Dikesempatan itu Dr Zul sapaan akrab Gubernur NTB menyampaikan, hujan turun disaat pembukaan festival harus dimaknai sebagai berkah tersendiri, mengingat saat ini kondisi sedang panas. “Festival Qasidah ini membawa berkah dari Allah berupa guyuran hujan, sehingga ingin menyaksikan langsung seluruh rangkaian acara, namun ada tugas berkunjunjung ke Bali,” akunya, sambil berharap bisa hadir menyaksikan malam finalnya.

 

Usai membuka secara resmi Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus tersebut, Gubernur kemudian melepas pawai ta’aruf. Peserta pawai ta’aruf merupakan para peserta Qasidah dan Vokalis gambus kontingen dari 10 Kabupaten/Kota. Turut mendampingi masing-masing kontingen adalah grup drumban siswa SMP sederajat dan SD yang ada di Kota Taliwang.

 

Dikesempatan itu Gubernur menyampaikan apresiasi kepada pemerintah KSB yang telah melaksanakan event kegiatan tersebut dan berharap hasilnya nanti benar-benar obyektif, agar menjadi motivasi bagi semua komponen memberikan yang terbaik.

 

Sementara Ketua Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) KSB, Hj. Hanifa Musyafirin, S.Pt dalam laporannya mengucapkan, selamat datang kepada para peserta festival di Bumi Pariri Lema Bariri. Lasqi KSB juga mengucapkan terimakasih kepada Lasqi NTB yang telah memberi kesempatan kepada KSB menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus KE-XXIII tahun 2018. Festival ini akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 28 Oktober mendatang yang dipusatkan di Taman Tiangnam Kota Taliwang.

 

Lanjutnya, pelaksanaan festival ini bertujuan untuk, memilih duta Qasidah dan Vokalis Gambus tingkat dewasa, remaja dan anak-anak tingkat Provinsi NTB, yang nantinya bagi para juara akan mengikuti kegiatan tingkat nasional. Mendorong minat masyarakat terutama generasi muda untuk mengenal, memahami dan menghargai seni Qasidah dan Gambus. Memacu kreatifitas seniman musik qasidah dan gambus sebagai media Syiar islam melalui kesenian. Memasyarakatkan kesenian qasidah dan gambus di kalangan masyarakat umum, sekolah dan sanggar seni serta mengembangkan ekonomi kreatif melalui seni dan budaya islami.

Jenis mata lomba dalam Festival Qasidah dan Bintang Vokalis Gambus KE-XXIII tahun 2018 adalah Qasidah klasik remaja putri dan dewasa putri, bintang Vokalis Gambus dewasa, remaja dan anak- anak putra maupun putri. **/Hms