Inovasi Dorong KKG dan K3S Aktif Tingkatkan Mutu Pendidikan

Taliwang, – Lembaga Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI), yang merupakan program kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan anak Indonesia, mulai mendorong Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) untuk berpartisipasi aktif.

Zulkarnain selaku Distrik Education (DE) program Inovasi KSB kepada media ini mengatakan, keberadaan KKG dan K3S diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka percepatan peningkatan mutu pendidikan, karena dikesempatan itu para pihak yang tergabung bisa menyampaikan persoalan yang dihadapi. “.Sekarang kami sedang melakukan pemetaan awal berupa (baseline data) untuk mengetahui sejauhmana aktifitas KKG dan K3S, termasuk untuk mendapatkan data jumlah KKG dan K3S di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB),” katanya

Pijakan besar yang disampaikan Zulkarnain sampai menyentuh KKG lantaran beranggapan dapat meningkatkan professional guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah adalah KKG, karena memang KKG adalah kelompok kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas pengetahuan, penguasaan materi, teknik mengajar, interaksi guru murid, metode mengajar, dan lain lain yang berfokus pada penciptaan kegiatan belajar mengajar yang aktif.

Disampaikan juga bahwa KKG merupakan organisasi guru yang dibentuk untuk menjadi forum komunikasi yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari di lapangan. “KKG adalah suatu organisasi profesi guru non yang bersifat struktural yang dibentuk oleh guru-guru di Sekolah Dasar, di suatu wilayah atau gugus sekolah sebagai wahana untuk saling bertukar pengalaman guna meningkatkan kemampuan guru dan memperbaiki kualitas pembelajaran,” terangnya.

Dikesempatan itu dirinya juga menegaskan bahwa KKG adalah ajang perkumpulan untuk membicarakan masalah masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar sehingga guru tersebut lebih professional dan meningkatkan mutu dari proses pembelajaran itu sendir, sehingga pemberdayaan KKG sangat dimungkinkan untuk menjadi wahana yang efektif untuk meningkatkan kinerja para guru di lapangan. Tentu saja, diperlukan reformasi organisasi dan manajemen KKG agar organisasi ini memiliki kemampuan untuk menjadi wadah yang efektif untuk meningkatkan mutu dan kinerja guru di daerah,” timpalnya.

Tujuan kelompok kerja guru sebagai wadah kerjasama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar, untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat kompetitif di kalangan anggota gugus dalam rangka maju bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar, lalu sebagai sarana pembinaan profesional bagi guru dan sebagai wadah penyebaran inovasi khususnya di bidang pendidikan. “Secara umum tujuan kelompok kerja guru adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam arti yang luas, dan secara khusus untuk meningkatkan professional guru,” urainya. **