Jaga Kamtib, Polres KSB Libatkan Semua Komponen Masyarakat

Taliwang, – Polres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama menjaga Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), terutama menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg). Pesan itu sendiri bukan hanya diperuntukan bagi warga, tetapi juga khusus terhadap para Calon Legislatif (Caleg).

AKBP Mustofa, Sik selaku Kapolres KSB menyampaikan, menjaga kamtibmas bukan menjadi tugas dan tanggung jawab Kepolisian, tetapi menjadi bagian tanggung jawab bersama dengan pemerintah KSB dan warganya. “Kami terus melakukan berbagai upaya agar KSB tetap dalam kondisi aman atau tanpa ada konflik meskipun saat ini sedang suksesi politik,” ucapnya.

Disampaikan Kapolres, jika semua komponen yang terlibat dalam menjaga stabilitas daerah termasuk para Caleg, dirinya sangat yakin bahwa status KSB sebagai daerah yang aman di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan bisa dipertahankan. “Ada beberapa program yang kami laksanakan untuk menjaga stabilitas daerah dan pasti tetap melibatkan semua komponen masyarakat,” katanya.

Dirinya tidak membantah bahwa potensi munculnya konflik tetap terbuka dimomen politik seperti sekarang ini, tetapi kalau semua komponen memiliki kepedulain dan sadar tentang politik. Semua potensi itu bisa dieliminir. “Kami juga berharap semua persoalan yang mengarah pada indikasi konflik bisa dilaporkan cepat ke Mapolres KSB, supaya langsung ditindaklanjuti sebagai langkah eliminirnya,” lanjutnya.

Dalam rangka menjaga keamanan ini, pihak kepolisian sendiri akan lebih meningkatkan giat operasi rutin kepolisian dengan turut menggandeng semua pihak. Langkah itu sendiri diyakini akan mampu menekan potensi konflik yang akan muncul. “Kami terus berupaya maksimal, namun harus juga ada ikhtiar warga untuk menjaga daerah, termasuk menghindari menyebarkan informasi bohong (hoax),” harapnya.

Disampaikan Kapolres bahwa pihaknya tetap menggandeng ulama untuk menyiarkan tentang pentingnya menjaga dan memelihara ketentraman serta ketertiban. “Peran para ulama cukup besar pengaruhnya dalam mempertahankan kondusifitas daerah dan semoga kontribusi itu tetap dipertahankan,” urainya.

Pesan khusus kepada para Caleg, silakan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan simpati masyarakat sebagai pemilih, tetapi jangan sampai melanggar aturan yang menjadi pijakan, apalagi sampai menyebabkan munculnya konflik ditengah masyarakat. “Saya yakin bahwa Caleg yang ada di KSB memiliki kepedulian tinggi untuk menjaga daerah ini,” tuturnya. **