Bupati KSB Apresiasi Rangkaian Kegiatan Festival Taliwang

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin MM memberikan apresiasi pada seluruh rangkaian kegiatan festival Taliwang yang dimotori Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar), termasuk Culinary Night yang dikemas secara cantik.

Disampaikan H Pirin sapaan akrab Bupati KSB, jika kegiatan bisa dibungkus dan ditata menarik akan menjadi perhatian dan daya tarik tersendiri. “Kegiatan apapun kalau disiapkan secara matang dan dibungkus menarik pasti akan ramai, bahkan bisa menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan,” katanya.

Dicontohkan H Pirin, Culinary Night cukup menjadi perhatian mengingat ada kemasan beberapa kegiatan yang dirangkai dengan sosialisasi gerakan makan ikan, lomba menggambar dan mewarnai ikan, tentu ini momen mengajak anak-anak semakin gemar memakan ikan. Selain itu ada juga lomba masakan khas Sumbawa. “Saya sudah memastikan bahwa lima terbaik peserta lomba makanan khas Sumbawa akan dikontrak sebagai penyedia makanan pada kunjungan Menteri Koordinator (Menko) PMK, Puan Maharani,” tegasnya.

Pada acara tersebut, Bupati dan rombongan mengunjungi setiap masing-masing kegiatan, mulai dari lomba menggambar dan mewarnai yang diikuti siswa kelas 1 SD dan murid Taman Kanak-Kanak. Meninjau sosialisasi gemar makan ikan dan meninjau sekaligus mencoba sejumlah  makanan di stand-stand peserta lomba masakan khas Sumbawa.

Sementara Ir IGB Sumbawanto selaku kepala Dinas Budpar KSB menyampaikan, Taliwang Culinary Night 2018 merupakan acara kerjasama dari Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan dan TP-PKK KSB. Di sini, Disbudpar hanya mengemas acara bersama Event Organizer. Dalam acara ini ikan yang akan dibakar sebanyak 400 kg ikan. Para trailer yang sebelumnya dilepas Pak Bupati juga akan menikmati kuliner hingga nanti malam sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang Trail Motor Adventure 2018. “Saya pun berharap kedepan dinas rumpun hijau yang 10 bisa bergabung sehingga acaranya semakin besar, yang sekarang saja hampir mengalahkan Festival Senggigi, apalagi kalau 10 Dinas bisa bergabung untuk mendukung acara ini,” katanya. 

Dalam kegiatan Taliwang Culinary Night juga diisi dengan kegiatan lainnya, mulai dari sosialisasi gemar makan ikan, lomba cipta menu, lomba menggambar dan mewarnai ikan. Termasuk Lomba Masakan Khas Taliwang yang diikuti kelompok ibu-ibu. Kedepan diharapkan di KTC diadakan juga kegiatan Car Freeday. Selain aktivitas olahraga warga, dalam kegiatan tersebut juga digelar pasar kuliner setiap minggunnya. Dengan kegiatan tersebut diharapkan perekonomian warga bisa terdongkrak, selain membuat tempat yang nyaman bagi warga untuk berolahraga.

Dikesempatan itu Sumbanto juga menyampaikan, jika masih cukup banyak rangkaian acara yang menjadi bagian dalam perayaan Hari Lahir (Harla) KSB. Kesuksesan semua acara itu sendiri tidak lepas dari kontribusi semua pihak.**/Adv