Sambut Harla KSB, Gubernur NTB Akui Siapkan Kado Khusus

Taliwang, – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr Zulkieflimasnyah, MSc saat memberikan sambutan pada puncak peringatan hari lahir (Harlah) ke-15 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Selasa 20/11 kemarin mengaku, jika dirinya telah menyiapkan kado khusus bagi pemerintah dan warga.

Kado khusus yang akan diberikan kepada seluruh warga KSB adalah, kesempatan bagi 100 orang mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. “Saya tetapkan kouta 100 orang mahasiswa asal KSB yang memiliki kesempatan untuk menimba ilmu ke luar negeri,” tegas Gubernur NTB dalam sambutannya dihadapan warga KSB yang juga didengar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani.

Disampaikan Dr Zul sapaan Gubernur NTB itu, peluang melanjutkan studi ke luar negeri bagi generasi muda harus dimaknai oleh pemerintah KSB bersama warga sebagai kesempatan dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama pemuda. “Sebagai kado dalam perayaan Harla KSB, maka akan diberikan kouta 100 orang dari 1.000 orang pemuda, pelajar dan mahasiswa yang akan dikirim Pemprov NTB ke luar negeri,” lanjutnya.

Program peningkatan SDM terutama bagi generasi muda itu diharapkan menjadi awal berkembangnya NTB untuk lebih gemilang, sehingga diharapkan yang dikirim nanti menjadi pelopor bagi pemuda lainnya untuk mau berubah menjadi lebih baik dengan memiliki etos karya yang nyata sekaligus menjadi inspirasi. “Program Pemprov NTB ini sudah mulai terealisasi dan penerima beasiswa gelombang pertama S-2 ke Polandia, merupakan pembuka jalan bagi penerima beasiswa berikutnya,” beber Gubernur.

Gubernur juga mengakui jika dirinya sangat antusias meningkatkan SDM pemuda, sehingga sangat berharap kepada pemuda itu sendiri untuk bisa menangkap kesempatan sebagai peluang dalam mengembangkan diri, karena kelanjutan pembangunan daerah ini berada ditangan pemuda. “Saya akan terus membuka peluang bagi generasi muda untuk berkarir dan berkarya,” janjinya.

Disaat itu Gubernur juga mengingatkan bahwa KSB sekarang ini sudah berusia 15 tahun jadi  bukan usia anak-anak, tetapi usia di persimpangan. Usia dimana akan menentukan arah.  Tentu dengan kemampuan Bupati dan Wakil Bupati dalam memimpin, maka KSB akan menjadi kabupaten yang gemilang di masa yang akan datang.

KSB akan menjadi pusat ekonomi baru di NTB. Akan ada smelter, mudahan dengan kedatangan Ibu Puan akselerasi pembangunannya dipercepat. Nantinya smelter akan menghadirkan kompleks industri lain, akan hadir industri listrik, pelabuhan, bandara dan lainnya. KSB juga akan bermetamorfosis menjadi replika Indonesia. Karenanya KSB harus siap, Sumber Daya Manusianya harus siap sehingga tidak menjadi penonton dinegeri sendiri.

Selain dihadiri Menko PMK, Ibu Puan Maharani didampingi para Deputinya dan Gubernur NTB beserta istri, upacara dalam nuansa adat Harlah ke-15 KSB ini dihadiri pula oleh Anggota DPR RI asal NTB HM Syafruddin dan Alfia Reziani, Walikota Mataram H Ahyar Abduh, Wakapolda NTB Brigjen Pol Drs Tajuddin, MH, Danrem 162 Wira Bhakti dan pejabat Pemprov dan Kabupaten/Kota lainya. **