Dinas Arpusda Siapkan “Barugak” Fasilitas Baca

Taliwang, – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) terus mengajak masyarakat untuk membaca. Selain menyiapkan buku bacaan juga sekarang disiapkan fasilitas tambahan dalam bentuk Barugak dan Wi-Fi yang dapat diakses secara gratis.

 

“Sekarang kami telah membuat “Barugak Pintar” yang di tempatkan di halaman kantor, agar masyarakat yang berkunjung tidak harus duduk dalam areal kantor, tetapi bisa sambil santai didepan kantor,” kata Sajadah, S.SoS, Msi selaku kabid pembinaan perpustakaan pada Dinas Arpusda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

 

Ajat sapaan akrabnya menjelaskan, pembangunan “Barugak Pintar” itu juga merupakan salah satu strategi pihaknya mengatasi ruang perpustakaan yang terbatas dan diharapkan dengan “Barugak Pintar” ini, Dinas Arpus KSB mencoba menawarkan konsep baru kepada masyarakat tentang perpustakaan. Selama ini, kata Ajad, image perpustakaan di masyarakat selalu dianggap sebagai bangunan formal. Karena berada dalam satu gedung sehingga aktivitas mereka terbatas selama membaca buku.

 

Namun dengan hadirnya “Barugak Pintar” itu, image tersebut ingin durubah oleh Dinas Arpus KSB. Bahwa masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas lainnya selama membaca buku karena berada di luar ruangan. “Kalau mereka membaca di luar ruangan seperti ini kan kesannya ada kebebasan. Ketimbang dalam ruangan, apalagi ruang perpustakaan kita kan terbatas,” sebutnya.

 

Ia mengaku optimis akan terjadi peningkatan kunjungan setelah barugak yang terdiri dari dua unit itu dimanfaatkan. “Kami yakin kalau sudah selesai barugak ini, akan makin banyak masyarakat yang datang berkunjung. Termasuk juga anak-anak sekolah, pasti akan banyak yang datang karena konsep ini kekinian,” tandasnya.

 

Tidak saja “Barugak Pintar”, Dinas Arpus juga membangun panggung untuk pementasan di lokasi yang sama. Ajad menjelaskan, panggung itu akan menjadi wadah aktualisasi masyarakat berkreasi secara literasi. Panggung itu disediakan untuk kegiatan-kegiatan mimbar ekspresi masyarakat. “Kita bisa manfaatkan panggung itu misalnya untuk kegiatan mendongeng dan aksi-aksi keterampilan literasi masyarakat lainnya,” timpalnya.

 

Selanjutnya ia menyebutkan, tambahan dua fasilitas di kantornya itu, tidak akan membuat masyarakat bosan untuk datang berkunjung ke fasilitas perpustakaan. Karena masyarakat kini mempunyai dua pilihan lokasi membaca dengan konsep berbeda. “Ya kalau mungkin mau ketenangan bisa membaca di dalam. Tapi kalau mau sekalian bersantai bisa out door dengan duduk di barugak,” sambungnya.

 

Sebelum di bangun “Barugak Pintar” dan panggung yang saat ini masih dalam pengerjaan, Dinas Arpus KSB sudah melengkapi fasilitas lainnya guna menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan. Sebelumnya kantor Arpus KSB telah melengkapi diri dengan jaringan internet gratis (free Wi-Fi). “Kami sengaja membuka saluran internet bagi pengunjung tujuannya ketika pengunjung tidak menemukan referensi buku yang dicarinya, minimal bisa mencari lewat internet,” tuturnya. **