Pemerintahan

Bupati KSB Akui Kemitraan Bersama TNI Terbangun Baik

Taliwang, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM mengakui bahwa hubungan kemitraan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) terbangun cukup baik. Hubungan itu akan terus dibina agar stabilitas daerah bisa terjaga dan status sebagai kabupaten Zero horizontal konflik bisa terus dipertahankan.

Pernyataan orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu disampaikan saat mendampingi Kasdam IX Udayana, Brigjen TNI Kasuri yang menghadiri kegiatan bakti sosial dalam rangka hari juang kartika tahun 2018 di Taliwang. “TNI adalah mitra pemerintah KSB yang sangat diharapkan peran sertanya dalam menjaga kondusifitas daerah,” tuturnya,

Dikesempatan itu H Pirin sapaan akrab Bupati KSB menyampaikan, jika kegiatan setingkat kodam yang keempat kalinya di KSB, pertama saat meninjau lokasi Makodim, kedua saat peresmian Makodim, ketiga saat kunjungan Presiden, dan sekarang pada acara Bakti Sosial. Tingginya intensitas kegiatan setingkat kodam di KSB ini menunjukkan perhatian dan dukungan TNI terhadap KSB sangat besar. sejak dilanda gempa 6,9 sr pada bulan Agustus lalu TNI telah memberikan dukungan yang luar biasa dalam usaha pemulihan pasca gempa, ada Yonzipur 9 dan Babinsa yang terus menerus mendampingi dan membantu masyarakat bersama POLRI bergotong royong merekonstruksi rumah-rumah yang rusak akibat gempa sehingga proses pemulihan berjala cepat. KSB merupakan kabupaten tercepat dalam penyelesaian penanganan pasca gempa.

H Pirin juga menegaskan bahwa sebagai pimpinan daerah, berkomitmen untuk terus menjaga dan memelihara kondusifitas daerah. “Saat ini Makodim sudah ada di KSB, tinggal Batalyon yang belum. kami sudah berkomitmen mendukung pembentukan batalyon di KSB. bahkan lahan seluas 40 hektar sudah kami siapkan, hal ini sudah kami sampaikan kepada kasad, mohon agar bapak Kasdam mengingatkan hal ini kembali kepada kasad,” lanjutnya.

Kasdam IX Udayana Brigjen TNI Kasuri mengucapakan terima kasih atas dukungan semua pihak. Tema kegiatan ini TNI Angkatan Darat mengabdi dan membangun bersama rakyat. Tema ini kami khususkan untuk membangun kesehatan masyarakat. “Saya yakin kalau masyarakat sadar akan kesehatannya maka akan memudahkan pembangunan.” kata Kasdam. lebih lanjut Kasdam atas nama pandam IX udayana mengucapkan selamat hari lahir ke 60 kepada Propinsi NTB dan selamat hari lahir ke 15 untuk Kabupaten Sumbawa Barat. “Semoga lebih maju, berkembang pesat, amanah, dan religius”. imbuhnya.

Danrem 162/WB kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberi layanan kesehatan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di propinsi NTB dan secara khusus di Kabupaten Sumbawa Barat dengan sasaran seluruh masyarakat, khususnya yang kurang mampu. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan masyarakat dengan TNI.
Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian peringatan hari Juang Kartika ini diantaranya adalah, donor darah, pengobatan umum, pembagian kacamata baca,khitan masal, operasi bibir sumbing, operasi katarak, pembagian kaki palsu, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat, penyuluhan parenting paud, pembagian kursi roda dan beberapa kegiatan tambahan seperti bazar, pembagian sembako, pembagian bantuan 4.100 zak semen, pembagian kursi roda dan tongkat.**/Hms