Pendidikan

SMAN 1 Taliwang Semarakkan Hardiknas dan Harla Ke-27

Taliwang, – SMAN 1 Taliwang menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Lahir (Harla) SMAN 1 Taliwang ke 27. Kegiatan dimaksud adalah pertandingan bola Voli tingkat SMA/SMK sederajat bagi seluruh pelajat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Pramuka berupa kemah Blok, dan Festival Colour yang dilaksanakan selama enam hari.

M Nasir, MPd selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Taliwang saat didampingi Abdin S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang Kesiswaan mengakui, jika persiapan berbagai acara dilakukan langsung oleh siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), sementara pihak sekolah hanya melakukan pendampingan atau memberikan masukan jika menemui kendala.

“Kami bukan hanya ingin memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mempersiapkan pelaksanaan sebuah kegiatan, tetapi ingin membuka ruang silaturahmi antar siswa SMAN 1 Taliwang dengan pelajar sekolah lainnya, jadi hubungan terbangun bukan saja saat pelaksanaan berbagai kegiatan itu sendiri, tetapi juga dimulai saat persiapan,” tuturnya.

Dikesempatan itu Nasir juga mengaku bahwa dana yang dibutuhkan untuk mensukseskan berbagai acara tingkat kabupaten itu, diupayakan secara mandiri oleh siswa melalui lembaga OSIS. “Ini bisa menjadi pembuktian bahwa pelajar kami sudah sangat siap jika nanti melanjutkan studi para perguruan tinggi, karena yang dididik bukan hanya mata pelajaran, tetapi juga kemampuan berorganisasi,” lanjutnya.

Nasir juga mengaku, jika pihaknya sudah mengiriman pelajar yang akan mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) MPR 4 pilar, lalu mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan mempersiapkan wakil KSB untuk mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat nasional atas nama Arza Safwatun Insan.

Ditambahkan Abdin S.Pd selaku Wakasek kesiswaan menjelaskan, konsep acara tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, dimana dalam menyambut Harla SMAN I Taliwang, selalu diisi dengan pentas seni, tetapi pengurus OSIS memilih untuk menggelar sejumlah pertandingan. “Kami dari pihak sekolah meminta dukungan agar berbagai kegiatan itu bisa terlaksana dengan baik,” pinta. **