Disbudpar KSB Ikut Kembangkan Danau Lebo Taliwang

Taliwang, – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), ikut melakukan penataan sekitar wilayah Danau Lebo Taliwang dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal itu dilakukan sesuai regulasi yang ada, yaitu Undang-undang (UU) nomor 10 tahun 2019 tetang pengembangan destinasi.

“Kewenangan mutlak terhadap asset Danau Lebo Taliwang bukan pada pemerintah KSB, namun sebagai destinasi yang bisa menjadi daya tarik wisata mengunjungi Bumi Pariri Lema Bariri, maka obyek wisata itu terus kami kembangkan dengan membangun beberapa fasilitas pendukung,” aku Abdul Munir selaku Kabid Destinasi pada Dinas Budpar KSB.

Dikesempatan itu Munir sapaan akrabnya juga mengaku, jika pihaknya cukup fokus dalam mengembangkan Danau Lebo’ Taliwang. Buktinya, sejumlah fasilitas mulai dibangun dan sudah terlihat dilokasi, termasuk penambahan lampu taman pada sejumlah titik dan direncanakan arena bermain anak. “Sejumlah fasilitas pendukung itu seharusnya rampung pada Maret lalu, namun ada kendala tekhnis sehingga akan tuntas pada bulan ini,” tegasnya.

Meskipun pengembangan sedang berjalan, tingkat kunjungan dilokasi itu sudah cukup membaik, sehingga pihaknya memberikan kesempatan kepada pelaku usaha (pedagang) untuk memanfaatkan areal yang ada sebagai lokasi usaha. “Kami justru memberikan kesempatan kepada para pedagang untuk berjualan dilokasi Lebo, sehingga pengunjung bisa berlama-lama diobyek wisata khusus tersebut,” timpalnya.

Danau Lebo Taliwang yang dicanangkan sebagai icon ekowisata KSB itu, sekarang ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Keleang lebo’ adalah kelompok masyarakat sekitar. Hal itu diharapkan bisa lebih mempercepat pengembangannya. “Jika memang pihak yang diberikan kepercayaan tidak mampu, bisa saja pemerintah menunjuk pihak lain selaku pengelola, sehingga keberadaan lokasi itu dapat memberikan nilai tambahan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tuturnya.

Sebagai informasi, KSB memiliki potensi wisata yang sangat variatif, mulai dari pantai, gunung, bahkan wisata budaya. Diantara destinasi yang menjadi obyek wisata unggulan KSB adalah pantai Poto Batu dan Danau Lebo Taliwang, sehingga dua lokasi itu coba fokus untuk dikembangkan pada tahun ini. **