DPMP KSB Gelar Puncak Penilaian TTG Kabupaten

Taliwang, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar puncak penilaian hasil Teknologi Tepat Guna  (TTG) tingkat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kegiatan itu sendiri untuk mencari wakil KSB yang akan berlaga pada kegiatan serupa ditingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Trisman, ST, MP selaku Kabid Pemberdayaan Ekonomi masyarakat Desa pada DPMD KSB mengatakan, kegiatan hari ini merupakan puncak dari rangkaian panjang sudah dilakukan panitia. Kegiatan dilakukan dengan mengeksplorasi penemuan di masing-masing desa. Ia menekankan hari ini merupakan penilian puncak, namun sebelumnaya penilaian visual dan penilain langsung sudah dilakukan, untuk selanjutnya penemu tersebut didampingi sampai pada tahap ini. “Apapun yang ditampilkan hari ini merupakan  proses pencapaian yang luar biasa baik bagi penemu maupun tim penilai dan kepanitiaan, banyak temuan yang kemudian mengalami penyempurnaan atas inisiatif penemu pribadi dan saran dari tim juri, saya mewakili kepanitiaan sangat mengapreasiasi kegiatan ini,” tuturnya.

Disampaikan bahwa dalam puncak penilaian itu sendiri diikuti oleh sembilan penemu, dimana hasil temuan berasal dari banyak bidang mulai dari pertanian, peternakan, kesehatan Kimia dan cabang keilmua lainnya. “Hasil temuan yang dilombakan dalam TTG harus mempertimbangkan aspek hemat enegi dan zero limbah dan bisa bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” lanjutnya.

Sementara Drs Mulyadi, Msi selaku kepala DPMD KSB mengingatkan, jika lomba TTG merupakan pemantik bagi semua warga untuk tidak berhenti melakukan inovasi, bahkan dirinya pernah mengintruksikan semua Kades agar menyediakan anggaran khusus dalam pengembangan TTG di tingkat desa. “Saya berharap pemerintah Desa menyiapkan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk mendongkrak kegiatan TTG, sehingga bisa bermunculan para penemu inovasi tekhnologi,” tandasnya.

Acara yang dibuka Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST itu menghadirkan dua orang dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai juri, termasuk perwakilan dari lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai disiplin ilmunya, termasuk perwakilan DPMPD DUKCAPIL provinsi NTB. Kegiatan itu sendiri berlangsung meriah dihalaman kantor DPMD, termasuk menampilkan lomba Fashion show atau peragaan busana dari limbah plastik Tingkat Paud dan SMP.

Pegelaran TTG Bertemakan Kearifan lokal diikuti Syamsudin dengan nama temuan Asut Rengut (Alat Voging outdoor untuk membasmi nyamuk dan serangga lainnya), Fitran Wahyudi dengan nama temuan Peniris minyak, Nur Afni Rizkika dengan nama temuan Jempae Sapiring (sabun susi piring tanpa bahan kimia dari Jempae), Yudi Anzari, S.Pd, M.Pd dengan nama   alat pengusir burung, Yetti Widyawati dengan nama temuan Raboat Herbal, Hadly HD dengan nama temuan Borger, Agus Hamid denga nama temuan Alat panjat pohon, dan Kompi Handal dengan nama temua papin blok dari sampah plastik.

Adapun hasil TTG 2019, juara pertama dimenangkan oleh Yudi Anzari dengn temua alat pengusir burung, kemudian juara kedua ditempati oleh Nur Afni Rizkika dengan nama temuan Jemape Sapiring, dan posisi ketiga diisi oleh Syamsudin dengan nama temuan Asut Rengut. **