Kusmirin : Distanbunak Akan Lakukan Penilaian Kelas Kelompok

Taliwang, – Kusmirin, S.St selaku kabid penyuluhan pada Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan(Distanbunak) mengakui jika pada pekan mendatang akan dimulai aktifitas penilain kelas kelompok.

Penilaian kelas kelompok yang direncanakan itu bertujuan untuk mengetahui kondisi real kelompok, baik itu kelompok tani hortikultura, tanaman pangan dan kelompok peternakan yang tersebar di seluruhKabupaten Sumbawa Barat (KSB). “Penilaian kelas ini bertujuan untuk peningkatan kelas kemampuan kelompok. Penilain terkait kemampuan teknis maupun administrasi,” lanjutnya.

Menyinggung soal berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penilaian, Kusmirin tidak bisa memberikan kepastian, mengingat jumlah kelompok yang terdata dan akan dinilai sebanyak 1.158 kelompok, belum lagi tim penilaian yang akan terjun dilapangan tidak bertemu dengan kelompok tersebut. ”Kami akan usahakan menyampaikan waktu kunjungan, sehingga saat didatangi sudah ada dilokasi,” tuturnya.

Sebagai informasi penting yang perlu diketahui, proses penilaian yang dilakukan itu sendiri bisa dijadikan dasar dalam menentukan kelas masing-masing kelompok. “Nanti akan ada kelompok yang ditetapkankelas pemula, kelas lanjut, kelas madya dan utama, jadi kelompok yang ada sekarang bisa saja ada yang naik kelas atau mungkin bertahan dengan kelas hasil penilaian sebelumnya,” ungkapnya.

Kusmirin tidak membantah bahwa hasil penilain itu bisa dijadikan dasar untuk menentukan jumlah bantuan yang akan diberikan, termasuk bentuk program bantuan, karena memang masing-masing bidang dalam lingkup Distanbunak akan membuat program dan bantuan sesuai kelas kelompok tersebut. “Intinya, hasil nanti akan menjadi dasar dalam merancang program bantuan,” timpalnya, sambil menambahkan bahwa yang melakukan penilaian adalah penyuluh. **