8 Desa KSB Masuk 100 Desa Wisata Program Unggulan NTB

Taliwang, – Delapan desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang masuk dalam program 100 Desa Wisata unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi perhatian khusus dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD). “Dalam waktu dekat DPMD akan melaksanakan pelatihan untuk peningkatan kapasitas masyarakat,” kata Trisman ST, MP selaku Kabid Pemberdayaan Ekonomi Desa pada DPMD KSB.

Mengingat fokus pelatihan yang direncanakan itu dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dan menambah pengetahuan serta kualitas masyarakat desa terkait dengan pengembangan destinasi menjadi desa wisata, maka akan diupayakan pelaksanaan pada salah satu desa wisata di Bali.

Trisman juga membeberkan, delapan desa yang ditetapkan Gubernur NTB itu adalah, Desa Mantar, Desa Tatar, Desa Poto Tano, Desa Labuahan Kertasari, Desa Labuan Lalar, Desa Beru, Desa Pasir Putih dan Sekongkang Atas. “Pengembangan 8 desa wisata itu harus melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, termasuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) selaku pengelola objek wisata,” ungkapnya.

Sebagai catatan penting yang perlu diketahui bersama, 8 Desa wisata yang ditetapkan itu memiliki potensi berbeda, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri dan semangat berbeda dalam melakukan penataan serta pelaksanaan programnya. “Jika 8 desa ini bisa berkembang maka sektor pariwisata KSB akan lebih maju,” tuturnya.

Dikesempatan itu Trisman juga jika pihaknya telah mengajukan usulan pengembangan serta penataan desa wisata melalui Kementerian Desa dan Transmigrasi. Informasinya, direspon untuk pelaksanaan berbagai program pada 10 Desa. “Masih kami kawal untuk kepastian dukungan dari pihak Kementerian tersebut,” akunya.

Program untuk 10 Desa wisata yang diusulkan adalah, pengembangan Desa Mantar sebagai objek wisata Paralayang, Poto Tano dengan objek wisata Pulau balu, Sekongkang Bawah dengan objek wisata Pantai Tropy dan pantai Rantung, Mantun dengan objek wisata berupa wisata bukit mantun, wisata budaya kecimol, gendang beleq. Kemudian desa Kertasari dengan objek wisata berupa Pantai, Beru dengan objek wisata Pantai Jelenga,  Seloto dengan objek wisata Bukit raden Jaleka, Seran dengan objek wisata religi makam raja seran, Rarak Ronges dengan objek wisata air terjun, pasir putih dengan objek wisata berupa wisata pantai pasir putih. **