Buka Puasa Bersama, Bupati ajak Mahasiswa Terapkan Konsep IJS

Mataram, – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr Ir H W Musyafirin, MM menggelar buka puasa bersama seluruh mahasiswa asal Bumi Pariri Lema Bariri yang berada di Mataram. Acara yang dipusatkan di asrama mahasiswa yang berada di jalan Sriwijaya Gang Purbalingga nomor 4 itu dihadiri juga H Lukmanul Hakim selaku pembina asrama mahasiswa.

Dalam pertemuan itu, H Pirin sapaan akrab Bupati KSB mengajak semua mahasiswa untuk memiliki spirit Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh (IJS) dalam melaksanakan aktivitas maupun perkualihan setiap hari. “Saya mengajak semua mahasiswa dan pelajar KSB untuk menerapkan konsep IJS, agar selalu termotivasi untuk meningkatkan kemampuan diri,” katanya.

Diingatkan H Pirin, pelajar dan mahasiswa yang sekarang sedang melanjutkan studi adalah generasi penerus pembangunan KSB, sehingga harus memiliki kemampuan akhlak dan spritual mumpuni, jadi salah satu caranya dengan tetap mengedepankan konsep IJS. “Jika semua generasi muda yang sedang melanjutkan pendidikan menerapkan konsep IJS, maka yakin nanti akan lahir generasi masa depan KSB unggul dan berdaya saing,” lanjutnya.

Masih pengakuan orang nomor satu di Bumi Pariri Lema Bariri itu, Mahasiswa merupakan generasi milenial, semua informasi ada di ujung jari dan mudah didapat. Tantangannya adalah adanya luberan informasi yang sangat banyak, karena banyaknya informasi tersebut maka generasi milenial menjadi kurang fokus, sehingga miskin atensi, miskin perhatian. Sulit memilah dan memilih mana yang menjadi prioritas dan mana yang tidak. “Mahasiswa harus mampu mengelola informasi dengan baik, jadi tidak boleh mudah percaya dengan informasi yang diterima, utamakan Tabayyun sehingga tidak terjebak dengan Hoax,” tuturnya.

Lebih lanjut Bupati mengajak para mahasiswa untuk mempersiapkan diri agar bisa bersaing dalam dunia kerja, terlebih lagi tahun 2022 Insya Allah industri Smelter dan turunannya sudah ada di KSB. “Ini adalah peluang yang harus kita ambil, mari mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya”. kata bupati.

Sebagai informasi, asrama mahasiswa KSB di Mataram saat ini menampung 53 orang mahasiswa yang terdiri dari 27 orang mahasiswa putri dan 26 orang mahasiswa putra. Mereka berkuliah diberbagai perguruan tinggi di Mataram seperti Universitas Mataram (Unram), Universitas Islam Negeri Mataram (UIN), Universitas Muhammadiyah Mataram (UMM), termasuk beberapa perguruan tinggi swasta lainnya.**/Hms