Sambut Hari Keluarga Nasional, DP2KBP3A Gelar Berbagai Lomba

Taliwang, – Dalam rangka menyambut  hari Keluarga Nasional (harganas) Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempaun dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A)  Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan menggelar beberapa lomba. Harganas jatuh pata tanggal 29 juni, tahun 2019 merupakan peringatan yang ke XXVI.

Kepala Dinas DP2KBP3A melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerak DP2KBP3A KSB Muhammad Solihin, S.pd,MM menerangkan serangkaian acara  untuk memperingati harganas dan menciptakan kebersamaan anar keluarga di KSB.

Adapun acara yang akan diselenggarakan  berupa lomba lari karung, memasukan pensil dalam botol, bawa kelereng dengan sendok, lomba karaoke, penyuluhan KKBPK dalam lingkup keluarga besar PKB/PLKB. Acara dimulai sejak senin 17/06 yang bertempat di depan kantor DP2KBP3A.

“Puncak perayaan Harganas  pada 21/06 nanti di KTC. Namun rangkain kegiatan akan dimulai pada 17 juni pukul 08.00. Dalam harganaas ini akan menghidupkan lagi 8 fungsi keluaraga, pemilihan jenis mata lomba inipun mempertimbangkan aspek ini,” terang Solihin

Peserta kegiatan ini adalah Penyuluh Keluarga Berencana (PKB)atau  Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). Kegiatan ini bertujuan untuk menekankan pentingnya  kelaurga sebagai sumber kekuatan pembangunan bangsa dan Negara dan dapat mewujudkan ketahana nasonal  serta sebagai pemersatu bangsa. “Kita harapakan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan dapat mengidupkan fungsi-fungsi yang ada dalam keluaraga secara menyeluruh dan mendalam,” tambahnya.

Solihin menerangkan untuk menciptakan generasi emas Indonesia, 8 fungsi keluarga harus dihidupkan dan ditanamkan sejak dini bahkan sebelum menikah. 8 fungsi keluarga berupa fungi agama, funsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan. **