Pemerintahan

Pejabat Luar Daerah Bisa Ikut Lelang Jabatan

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah membuka pendaftaran untuk seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau pejabat eselon II. Jabatan lowong itu tidak pasti akan diberikan kepada pejabat lingkup KSB, karena yang dapat mengikuti seleksi termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dari luar daerah.
Drs Tajuddin M.Si selaku kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang dikonfirmasi mengakui jika berbeda tahapan lelang JPTP yang dilaksanakan sekarang ini, dimana persaingan untuk mengisi jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu semakin ketat. Jika sebelumnya dalam aturan, pemerintah dimungkinkan membuka pendaftaran skup lokal (kabupaten) tetapi sekarang diharuskan minimal tingkat regional (provinsi).
Dengan kebijakan itu, menurut Tajuddin, membuat pegawai dari kabupaten/kota lain bahkan pegawai provinsi bisa mengikuti lelang jabatan tersebut. “Kalau dulu tahap awal bisa buka di internal dulu. Kalau pendaftarnya kurang baru kita buka skup regional. Tapi aturan baru harus langsung regional. Dengan begitu persaingannya semakin tinggi,” katanya.
Karena itu bagi pegawai lingkup KSB yang telah memenuhi syarat dan berniat mengikuti seleksi, Tajuddin menyarankan agar mempersiapkan diri lebih baik lagi. “Kalau mau dapat jabatan itu saran saya belajar lebih banyak lagi, persiapkan mental sebaik mungkin. Karena dengan seleksi terbuka seperti ini semua orang punya kesempatan yang sama,” lanjut mantan kepala Dinas Dikpora KSB ini.
Tiga posisi JPTP yang dibuka seleksinya oleh Pemda KSB itu, satu diantaranya sementara ini memang dibiarkan lowong. Posisi itu adalah Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Pemerintahan. Untuk jabatan inspektur Inspektorat, pejabatnya yakni Ir. H. Ady Mauluddin, M.Si segera memasuki masa pensiun sementara jabatan kepala Kesbangpoldagri merupakan posisi baru setelah Pemda KSB menetapkan menaikkan status level OPD tersebut dari kantor menjadi setara badan atau dinas. “Hasil seleksi tiga jabatan itu nanti akan efektif terisi pada awal tahun 2020 nanti. Makanya tahapan seleksi ini kita targetkan selesai Desember,” ungkapnya. **