EkonomiPolitik

Demokrat KSB Tidak Laksanakan Penjaringan “Balon Kada”

Taliwang, – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai Demokrat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Mustakim Patawari, LM, S.Tp telah mendaftar secara resmi sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Balon Kada) pada partai Nasdem. Hal itu memastikan juga bahwa partai Demokrat KSB tidak akan melaksanakan penjaringan bakal calon.
“Hari ini saya datang untuk mengembalikan formulir dari Partai Nasdem, jadi saya siap mengikuti tahapan penjaringan sebagai wakil kepala daerah periode 2020, apalagi Nasdem KSB menerapkan sistem demokrasi yang patut dicontoh, dimana penjaringan yang dilakukan tanpa mahar,” kata Mustakim dihadapan sejumlah wartawan usai resmi mendaftar.
Dikesempatan itu Mustakim juga mengakui bahwa Demokrat KSB tidak akan melakukan penjaringan, lantaran dalam regulasi partai menegaskan, jika pimpinan partai ikut dalam kontestasi politik, maka akan menjadi perioritas untuk diusulkan. “Hari ini saya sebagai ketua umum mengikuti penjaringan yang dilaksanakan partai Nasdem, jadi dengan sendirinya partai Demokrat siap berkoalisi dengan Nasdem pasangan calon Pilkada mendatang,” tegasnya.
Menyinggung soal pasangan pada Pilkada mendatang, Mustakim mengaku jika dirinya sudah membangun komunikasi dengan semua figur yang menonjol saat ini, karena memang dalam politik harus dibangun koordinasi dan komunikasi sebelum penetapan pasangan calon itu sendiri. “Komunikasi yang saya bangun juga dengan H Pirin selaku Bupati KSB selaku calon Petahana,” tandasnya.
Mustakim dalam konfrensi pers juga menegaskan bahwa tim Demokrat yang dipimpin sekarang memiliki pengalaman dalam memenangkan kepala daerah, bahkan beberapa waktu lalu berhasil memenangkan pasangan Dr Zulkieflimansyah-Dr Rohmi sebagai Gubernur dan wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB). “Tidak ada yang bisa pasti dalam politik, jadi rumusnya terus bergerak bersama masyarakat dan yakin bisa akan mendapatkan hasil terbaik,” timpalnya.
Ketua DPD Partai Nasdem KSB, Jamaluddin Reffi membeberkan bahwa pihaknya sudah menerima pengembalian formulis dari tiga orang bakal calon, sementara yang mengambil sebanyak 5 orang dari eksternal dan satu satu dari kader partai. “Kita akan menunggu pengembalian formulir sampai 23 Oktober mendatang, jadi bisa saja jumlahnya bertambah jika nanti ada yang mengambil formulis lagi,” akunya.
Refi sapaan akrabnya juga menyampaikan, jika setelah penutupan jadwal pengembalian formulir, tim penjaringan akan langsung menggelar rapat pleno untuk penentuan 3 orang yang diberikan rekomendasi. “DPD Nasdem KSB akan memberikan rekomendasi terhadap 3 orang sebagai calon kada mendatang. Terus yang mendapat rekomendasi akan mengikuti kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) partai Nasdem di Jakartan pada November mendatang. **