Rizal : Serah Terima Dirut Perusda Belum Digelar

Taliwang, – Kinerja Muhammad Rizal S.Sos, M.Ap selaku dirut Perusahaan Daerah (Perusda) yang dilantik beberapa pekan lalu dipertanyakan, lantaran sampai saat ini belum ada inovasi atau gerakan yang menandakan bahwa perusahaan milik pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) itu akan memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah.

“Sampai sekarang saya belum mulai bekerja, lantaran masih menunggu serah terima jabatan dari dirut sebelumnya, karena pejabat dirut sebelumnya harus melakukan pertanggung jawaban terhadap anggaran dan klarifikasi asset milik perusda dan semoga dalam pekan ini bisa dilaksanakan kegiatan dimaksud,” kata Rizal sapaan akrabnya saat dikonfirmasi media ini, kemarin.

Meskipun acara serah terima jabatan belum digelar, Rizal mengaku jika dirinya sudah cukup intens membangun komunikasi dengan semua staf Perusda, termasuk meminta informasi tentang perkembangan perusda kepada dirut sebelumnya. “Acara serah terima memang ceremonial, tetapi saat kegiatan itu akan ada penyerahan asset perusda dan laporan pertanggung jawab penggunaan anggaran periode sebelumnya,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Rizal juga mengatakan, jika dirinya sudah membangun komunikasi dengan berbagai pihak dalam rangka mensukseskan program yang akan dilaksanakan perusda, jadi dirinya membantah kalau belum mulai bekerja pasca pelantikan beberapa pekan lalu. “Sebenarnya saya sudah mulai bekerja sejak dilantik, terutama bertemu dengan karyawan yang bekerja selama ini,” ungkapnya.

Sementara Sadiksyah, SE selaku dirut Perusda sebelumnya yang dikonfirmasi melalui selularnya mengatakan, acara serah terima belum bisa dilaksanakan lantaran dirinya harus menyelesaikan laporan pertanggung jawaban, sehingga pejabat dirut yang baru tidak bertanggung jawab dengan keuangan yang dipergunakan dirinya selama menjabat. “Dirut yang baru nanti hanya akan bertanggung jawab dengan kegiatan serta keuangan yang dikelola selama menjabat, jadi saya harus menyelesaikan terlebih dahulu pertanggung jawab periode menjabat,” akunya.

Sadik sapaannya mengakui, jika penyusunan pertanggung jawab sudah rampung, namun masih harus menunggu pemeriksaan dan persetujuan dari badan pengawas Perusda. “Beberapa orang pengawas sedang berada diluar daerah, jadi belum bisa menetapkan jadwal acara serah terima jabatan dan semoga dalam pekan ini didigelar,” ucapnya.

Terakhir disampaikan Sadik jika dirinya sudah menyampaikan dokumen pertanggung jawaban kepada ketua pengawas Perusda, namun diminta untuk diserahkan dan disampaikan dalam rapat dewan pengawas yang dihadiri pejabat dirut yang baru. **