PemerintahanSBP TodaySosbud

Pimpinan DPRD KSB Siapkan Fasilitas Jurnalis Untuk Peliputan

Taliwang, – Pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) siap membantu fasilitas bagi jurnalis yang akan melakukan peliputan kegiatan kegiatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), termasuk saat melakukan kunjungan dan pengecekan aktifitas pembangunan. Ketegasan itu disampaikan saat silaturahmi pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) KSB, pada Rabu 12/2 kemarin.

Kaharuddin Umar selaku ketua DPRD KSB pada kesempatan itu menegaskan, lembaga DPRD tidak bisa lepas dari peran media, karena aktifitas kerja yang dilakukan sangat penting untuk termuat melalui media, sehingga masyarakat mengetahui bahwa wakil yang diutus sangat berperan penting. “Kami sangat membutuhkan wartawan untuk menyampaikan kepada masyarakat kegiatan yang dilakukan, jadi wajib untuk menyiapkan fasilitas pendukungnya,” tegasnya.

Dikesempatan itu, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) langsung memberikan perintah kepada pihak sekretariat, agar menyiapkan satu ruangan yang bisa dimanfaatkan oleh wartawan sebagai sekretariat di DPRD KSB, termasuk membuatkan whatsapp grup yang akan dijadikan ruang penyampaian informasi maupun agenda DPRD KSB. “Komunikasi harus terbangun baik dan setiap agenda DPRD KSB harus diketahui oleh wartawan,” lanjutnya.

Saat silaturahmi itu, Kahar sapaan akrabnya juga menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya PWI di KSB, semoga membuat hubungan kerja semakin erat dan yang terpenting dapat menangkis berita bohong (hoax), “Alhamdulillah sekarang sudah terbentuk PWI KSB sehingga kedepan kemitraan antara DPRD dengan pers bisa semakin kuat,” ungkapnya.

Dukungan serupa juga disampaikan Wakil Ketua DPRD, Abidin Nasar, SP, MP, bahkan dirinya berharap pada setiap kegiatan yang dilaksanakan DPRD KSB selalu diliput langsung oleh media, termasuk saat kunjungan atau pengecekan atas hasil pekerjaan dan pembangunan. “Kami berharap selalu diliput media, sehingga dapat disampaikan kepada masyarakat apa yang dilakukan wakilnya yang berada DPRD KSB,” katanya.

Sementara Merliza, S.Sos.I, MM yang juga wakil ketua DPRD KSB dikesempatan itu menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional (HPN), semoga dengan hari jadi membuat wartawan KSB semakin kuat menjadi salah satu pilar demokrasi. “Sangat diharapkan peran media dalam mengawal pembangunan di KSB, jadi wajar jika lembaga DPRD KSB harus menyiapkan fasilitas pendukung jika ingin terekspos apa yang menjadi kegiatan sehari-hari,” tuturnya.

Ketua PWI KSB, Hairil W. Zakariah menyampaikan apresiasi atas penerimaan para pimpinan DPRD. Ia menjelaskan, pembentukan kepengurusan PWI di KSB, selain sebagai tempat bernaung para wartawan, juga sebagai wadah pengembangan kapasitas. Sehingga kedepan, para pemangku kepentingan dan publik secara umum baik sebagai penikmat informasi maupun sebagai sumber berita, mendapatkan hak-haknya atas informasi yang berimbang dan mencerdaskan. **