HukumPolitik

Silaturahmi Media, Kapolres Ajak Wartawan Sukseskan Pilkada

Taliwang, – Sejumlah pejabat utama lingkup Mapolres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), diantaranya, Kapolres KSB, Waka polres, Kabag Ops, Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasat Intel, Kasat Binmas pada Rabu siang 26/2 kemarin, menggelar pertemuan dengan para media online dan cetak yang dilaksanakan dalam ruang Vicon Polres KSB.

Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono S.Ik, MH dalam pertemuan itu dipergunakan juga sebagai ajang perkenalan, lantaran dirinya baru menjabat sebagai Kapolres, termasuk adanya perwira baru dalam Mapolres KSB. “Silaturahmi itu harus terus dilaksanakan, sehingga ada hubungan baik antara Polisi dengan awak media,” kata Kapolres mengawali pertemuan.

Dikesempatan itu Kapolres mengingatkan bahwa sekarang ini sudah masuk dalam tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB, jadi intensitas politik sudah mulai menghangat. Hal itu memang biasa terjadi, tetapi kalau ada penyebaran informasi yang tidak benar, dapat menjadi pemicu muncul konflik ditengah masyarakat, sehingga dukungan awak media untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sangat diharapkan. “Kami memang bertanggung jawab menjaga stabilitas daerah, tetapi dukungan media sangat dibutuhkan,” tegasnya.

Kapolres mengakui bahwa KSB termasuk daerah yang cukup aman, jadi dibutuhkan peran semua pihak untuk tetap menjaga kondusifitas daerah itu. Salah satu upaya yang wajib adalah menghindari adanya berita bohong (hoax). “Saya mengajak semua media untuk bersama memerangi Hoax, karena itu adalah salah satu upaya penting dalam menjaga daerah ini,” ajaknya.

Meskipun dirinya baru sepekan bertugas di Polres KSB, namun sudah mengetahui kontibusi serta hubungan baik yang telah terbangun selama ini, sehingga berharap bisa terus dilanjutkan dan dipertahankan. “Saya tidak akan menyulitkan media untuk mengakses berita Polres, jadi Humas Polres sudah diperintahkan agar release berita lebih intens, termasuk menginformasikan kegiatan yang dilaksanakan Polres beserta jajaran melalui grup Whatsaplikasi bersama media,” akunya.

Selain itu, Kapolres meminta pertemuan yang dilaksanakan tidak harus dalam ruang secara formal, jadi bisa diatur pada satu kesempatan yang bisa sambil minum kopi. “Pertemuan berikut bisa dilaksanakan pada salah satu tempat yang lebih non formal atau bebas,” ungkapnya.

Sebelum pertemuan berakhir, Kapolres memberikan kesempatan kepada semua media untuk menyampaikan harapan, keluhan atau kritikan terhadap Polres KSB, bisa juga menyampaikan informasi yang butuh tindak lanjut. Kesempatan itu dimanfaatkan beberapa media untuk menyampaikan harapan. Pertemuan berakhir dengan makan siang bersama. **