Politik

KPU KSB Menggelar Seleksi Tertulis Calon Anggota PPS

Taliwang, – Calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengikuti seleksi tertulis. Kegiatan yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) KSB itu, pada Kamis 4/3 kemarin.

Seleksi tertulis terhadap calon anggota PPK secara serentak, dimana untuk calon PPS wilayah Kecamatan Taliwang, Kecamatan Jereweh dan Kecamatan Brang Ene dipusatkan di SMAN 1 Taliwang. Sementara calon dari PPS untuk wilayah Kecamatan Maluk dan Kecamatan Sekongkang mengikuti tes tulis di SMKN 1 Maluk. Sementara gedung SMAN 1 Seteluk dipergunakan untuk seleksi PPS dari Kecamatan Seteluk dan Kecamatan Poto Tano, sementara SMPN 1 Brang Rea dipergunakan untuk seleksi PPS Kecamatan Brang Rea.

“Kami melaksanakan seleksi tertulis calon anggota PPS terhitung pukul 16.00-18.00 Wita, mengingat jumlah mencapai 432 orang untuk semua wilayah KSB, maka pelaksanaan dibagi pada beberapa tempat,” kata Denny Saputra S.Pd selaku ketua KPU KSB.

Dikesempatan itu Denny sapaan akrabnya memastikan, jika tahapan seleksi tes tulis yang dilaksanakan akan mengedepankan obyektifitas, sehingga yang terpilih adalah yang terbaik dan diyakini mampu menjadi penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 23 September 2020 mendatang. “Harapan besar kami bahwa yang terpilih nanti adalah putra putri terbaik KSB yang memiliki kapasitas, kapabilitas, serta integritas tinggi sebagai penyelenggara,” lanjutnya.

Diingatkan Denny, PPS adalah penyelenggara utama yang sangat dibutuhkan KPU KSB, jadi kalau ingin meraih apa yang di cita-cita KPU KSB dalam pelaksanaan pimpinan daerah mendatang, terutama dalam memastikan penyelenggara pemilu berintegritas, KSB bermartabat, maka proses dan tahapan tidak boleh ada intervensi atau titipan siapapun. “Setelah diumumkan hasil seleksi tes tulis, maka akan dilanjutkan dengan seleksi wawancara,” tandasnya.

Terlepas siapa yang akan berhak menjadi anggota PPS, dikesempatan itu Denny menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua yang menjadi peserta tes tulis, lantaran telah memiliki niat untuk berpartisipasi sebagai penyelanggara, meskipun nantinya pasti ada yang tidak berlanjut pada proses wawancara. “Siapapun nanti yang menjadi anggota PPK, pasti warga KSB yang beralamat pada wilayah kerja masing-masing,” tegasnya.

Melalui seleksi PPS, diharapkan kedepannya penyelenggara mampu mewujudkan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat dapat terselenggara dengan Mandiri, Akuntabel, Rasional, Aman dan Sukses. Intinya, sesuai dengan cita-cita yang telah ditetapkan oleh KPU KSB, yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati KSB 2020 yang “MARAS”. **