Digelar Konsultasi Publik Tentang Rancangan Awal RKPD 2021

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Perencana Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang), menggelar konsultasi publik tentang rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Kegiatan dipusatkan di Aula gedung Setda pada Selasa 10/3 kemarin, dibuka Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST.

Dalam sambutannya, orang nomor dua di Bumi Pariri Lema Bariri itu meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bisa mengikuti semua rangkaian, sehingga memiliki dasar pijakan dalam penyusunan program untuk ditahun mendatang. “Acara yang dilaksanakan ini sangat penting, jadi harus dimanfaatkan secara maksimal, terutama untuk menyampaikan usul, saran atau harapan sebagai program prioritas ditahun mendatang,” katanya.

Wakil Bupati mengatakan, rancanangan awal RKPD merupakan roh dari sebuah perencanaan. Rancana awal RKPD dihasilkan melalui forum perencanaan, dilanjutkan di pra Musrenbang tingkat Kecamatan dan Musrenbang Kecamatan. Setelah Forum Konsultasi Publik, proses selanjutnya adalah Musrenbang Kabupaten, Provinsi hingga Musrenbang Nasional. “Forum ini adalah forum menjaring ide, gagasan atau masukan yang konstruktif guna menghasilkan rancangan awal RKPD 2021 yang komprehensif,” terangnya.

Masih keterangan Wabup, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan bagian penting bagi pemerintah KSB dalam menyiapkan perencanaan pembangunan yang lebih baik, termasuk sebagai bentuk sosialisasi kepada pimpinan OPD untuk mengetahui arah kebijakan pembangunan daerah, sehingga tidak lagi kita dengar ada yang tidak tahu tentang arah kebijakan pemerintah daerah. “Kegiatan yang kita laksanakan ini untuk menyatukan persepsi bahwa pemerintah KSB tetap terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” lanjutnya.

Dikesempatan itu Wabup juga menyampaikan bahwa pemerintah KSB sengaja mengambil tema dan prioritas pembangunan tahun 2021 adalah, memperkuat kemandirian ekonomi daerah menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera dengan. “Kita semua sudah memiliki komitmen yang kuat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jadi harus terus dibuktikan dengan program yang akan dilaksanakan,” tuturnya.

Sementara drh Hairul Jibril MM selaku kepala Bappeda dan Litbang saat memimpin acara diskusi mengawali dengan menyampaikan visi, yaitu, terwujudnya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera berlandaskan gotong-royong, termasuk membeberkan indikator besar dalam penyusunan program mengacu pada tiga poin penting, yaitu, pembangunan sumberdaya manusia dan pengentasan kemiskinan menuju Sumbawa Barat Sejahtera, Tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah yang akuntabel, efektif dan efisien dalam mendukung peningkatan kinerja seluruh dimensi pembangunan daerah dan pembangunan ekonomi kawasan untuk mendukung Pemerataan pembangunan wilayah.

Masih keterangan dokter Hairul sapaannya, untuk program prioritas pembangunan daerah tahun 2021 meliputi, peningkatan kualitas infrastruktur pendukung pembangunan ekonomi wilayah, peningkatan nilai tambah produk unggulan daerah, pembangunan pariwisata daerah yang berkelanjutan dan pembangunan ekonomi kawasan untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah.

Diakhir pertemuan disampaikan bahwa kegiatan akan berlanjut pada pertemuan Forum Perangkat Daerah (FPD) yang akan berlangsung selama tiga hari dengan dimulai pada Rabu 11/3. **