Wabup KSB Ajak Aparatur Terus Berikan Pelayanan Maksimal

Taliwang, – Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin ST mengajak semua aparatur untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, meskipun tetap dinilai salah dalam melaksanakan tugas. Ketegasan itu disampaikan dalam acara konsultasi publik tentang rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021. Kegiatan dipusatkan di Aula gedung Setda pada Selasa 10/3 kemarin.

Diingatkan Wabup, masyarakat yang memberikan kritik atas kinerja pemerintah selalu merasa benar, jadi harus dijadikan motivasi untuk memberikan kinerja maksimal sesuai kewenangan dan tanggung jawab masing-masing. “Masyarakat itu hanya memiliki satu pasal saja, yaitu benar dan pemerintah selalu salah,” ucapnya.

Masih keterangan Wabup, sebagai aparatur pemerintah juga memiliki satu pasal saja, dimana tetap salah meskipun sudah bekerja maksimal dan memberikan pelayanan terbaik. “Hal yang wajar jika pemerintah beserta aparatur diberikan kritik dan dituding salah oleh masyarakat, karena memang kebijakan pemerintah tidak bisa menyenangkan semua orang,” lanjutnya.

Terhadap berbagai kritikan yang muncul, Wabup berharap kepada semua aparatur untuk tetap semangat dan membuktikan kinerja terbaik, apalagi mengedepankan sistem kerja Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS). “Salah satu resiko menjadi aparatur adalah dikritik masyarakat, namun kalau dimaknai sebagai amanah terhadap pekerjaan, maka kritik itu sendiri tidak akan mengganggu kinerja justru akan semakin termotivasi,” ucapnya.

Menurutnya, kedisiplinan seorang pegawai sebagai pelayanan masyarakat harus diutamakan, guna memberikan dampak posiif dalam menjalankan roda pemerintahan. “Disiplin pegawai harus diterapkan di satuan masing-masing, agar tidak menghambat pada suatu pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan,” imbuhnya.

ASN atau honorer untuk lebih meningkatkan etos dan disiplin kerja. Etos, semangat dan disiplin kerja harus menjadi pegangan semua. Apalagi seorang aparatur sipil adalah panutan. “Seorang pegawai harus memiliki konsistensi sikap untuk meningkatkan kinerja dan harus peduli lingkungan untuk menopang tugas, guna pencapaian program pemerintah daerah dan meminta kepada semua pegawai lebih profesional dalam menjalankan tugas, tingkatkan disiplin dan etos kerja, sebab ke depan banyak masyarakat yang menaruh harapan terhadap pemerintahan,” tandasnya. **