Politik

KPU KSB Pastikan Siap Laksanakan “Pilkada Kotak Kosong”

Taliwang, – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bakal tidak semarak, jika memang benar pasangan calon petahana, Dr Ir H W Musyafirin MM – Fud Syaifuddin ST bakal tidak memiliki lawan atau akan berhadapan dengan kotak kosong.

Menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) KSB dimana akan ada kotak kosong, Komisi Pemilihan Umum (KPU) KSB sudah mulai mempersiapkan kemungkinan terealisasi kotak kosong tersebut. “Kami sudah sangat siap untuk melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wabup KSB, meskipun benar hanya ada satu pasangan calon saja,” kata Herman Jayadi S.Ip selaku koordinator divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) pada KPU KSB.

Masih keterangan Herman sapaan akrabnya, jika memang benar Pilkada KSB hanya diikuti satu pasangan calon, KPU KSB akan melaksanakan program sosialisasi khusus dengan tetap melibatkan komponen masyarakat selaku pemilik hak pilih. “Kami harus tetap siap melaksanakan Pilkada meskipun hanya satu pasangan calon saja, tetapi kalau memang benar hanya satu pasangan calon, maka ada model sosialisasi yang harus dilaksanakan,” lanjutnya.

Ditegaskan komisioner KPU KSB itu, sekarang ini belum bisa disampaikan jika Pilkada KSB yang digelar 23 September 2020 mendatang antara paslon Petahana melawan kotak kosong, lantaran tahapan pendaftaran untuk jalur partai politik baru akan dibuka pada bulan Juni mendatang. “Memang kami sudah melakukan beberapa persiapan terkait dengan kemungkinan calon tunggal. Salah satunya, mendatangi beberapa daerah yang pelaksanaan pilkada diikuti satu pasangan calon saja,” akunya.

Dikesempatan itu mantan komisioner Bawaslu KSB itu mengakui, jika KPU harus mempersiapkan diri melaksanakan Pilkada KSB tanpa ada lawan, lantaran informasi yang beredar jika hampir seluruh partai politik telah menyatakan dukungannya pada salah satu pasangan calon (calon petahana), sehingga sisa parpol yang belum menyatakan dukungan tidak memenuhi syarat berkoalisi untuk mengusung pasangan calon. “Bukan memastikan bahwa Pilkada KSB tanpa ada lawan, tetapi sebagai bentuk persiapan jika benar terjadi,” ucapnya.

Sebagai informasi yang perlu diketahui, pada Pilkada KSB tidak ada paslon dari jalur perseorangan atau independen, lantaran sampai batas waktu yang ditentukan, tidak ada yang mengupload syarat dukungan.

Sejauh ini KPU KSB telah melaksanakan serangkaian kegiatan untuk suksesnya Pilkada di Bumi Pariri Lema Bariri. Diantaranya, sosialisasi dan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Selain itu telah diselenggarakan tes tertulis kepada 432 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan hasilnya akan diumumkan pada 8 April mendatang. **