Ekonomi

BUMDes Kemuning Jadi Nominator 15 BUMDes Digital

Taliwang, – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kemuning kecamatan Sekongkang menjadi nominator 15 BUMDes digital tingkat nasional, bahkan berkesempatan diwawancarai langsung Presiden RI, Joko Widodo di istana negara yang direncanakan pada 8 Juli 2020 mendatang.

“Kami sudah mendapatkan kepastian bahwa satu dari 15 daftar BUMDes yang masuk dalam nominasi adalah BUMDes Kemuning. Keputusan ini semoga menjadi awal ikhtiar pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam menciptakan BUMDes profesional,” ucap Trisman ST, MP selaku kabid pemberdayaan ekonomi masyarakat dan Tehnologi Tepat Guna (TTG) pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDP).

Disampaikan Trisman, BUMDes Kemuning sendiri dalam menjalankan kegiatan usaha mereka dinilai  mampu menyesuaikan dengan tehnologi kekinian. Termasuk memanfaatkan pasar digital baik itu melalui akun media sosial facebook, maupun media sosial lain. “Jadi ini salah satu alasan kenapa kita bisa masuk sebagai salah satu nominasi. Hebatnya lagi, BUMDes ini akan diwawancarai langsung Presiden RI,” tandasnya.

Ditambahkan juga bahwa keberhasilan BUMDes Kemuning masuk dalam nominasi 15 BUMDes digital terbaik secara nasional diharapkan bisa menjadi pemicu agar BUMDes lain di Sumbawa Barat bisa melakukan hal serupa. Diakuinya, salah satu kendala yang dihadapi BUMDes dalam pengembangan usaha adalah pasar. Terutama bagaimana mencari pasar yang potensial untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan. “Kami harap BUMDes Kemuning ini bisa memicu BUMDes lain untuk melakukan hal serupa,” terangnya.

Dibeberkan Trisman bahwa 14 BUMDes yang menjadi saingan dalam menjadi terbaik adalah, BUMDes Panggungharjo, BUMDes Au Wula Ende, BUMDes Khazanah Bogor, BUMDes Citra Abadi Bondowoso, BUMDes Mattuju Pitue, Sulawesi Selatan, BUMDes  Maju, Indramayu Jawa Barat, BUMDes Ngudi Sejahtera, Ngunut Tulungagung Jatim, BUMDes Tanjung Karya, Bojonegoro, BUMDes Tujuh Maret Hadakewa Lembata, NTT, BUMDes Maju Bersama Lampung Barat, BUMDes Sahabat, Sumbawa, NTB. BUMDes Pudak Kencana, Kebumen Jateng, BUMDes Koto Panjang Sepakat, Riau dan BUMDes Buduma, Serdang Bedagai. “Mudah-mudahan BUMDes kita bisa menjadi salah satu yang terbaik dari 15 nominasi ini,” harapnya. **