PemerintahanPolitik

2.135 Pemilih Pemula Belum Lakukan Perekaman Data KTP-el

Taliwang, – Sesuai data yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil), ada 2.235 orang calon pemilih pemula atau yang memiliki hak memberikan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) 9 Desmber 2020 mendatang, belum melakukan perekaman data diri sebagai syarat mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El).

“Data pemilih pemula yang kami miliki terhitung dari pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) sampai dengan 9 Desember 2020 mendatang, dimana terdapat 4.238 orang yang masuk kategori pemilih pemula. Diantara calon pemilih pemula baru 50 persen yang telah melakukan perekaman data diri,” kata H Ibrahim, S.Sos, MM selaku kepala Didukcapil KSB, saat ditemui dalam ruang kerjanya, kemarin.

Untuk menyasar pemilih pemula, Didukcapil tetap melakukan pelayanan perekaman keliling, tetapi upaya yang dilakukan belum bisa menuntaskannya, sehingga berharap kepada yang merasa akan berusia 17 tahun pada 9 Desember 2020 mendatang, agar mendatangi Didukcapil untuk melakukan perekaman data diri. “Kami cukup sering turun ke desa untuk memberikan pelayanan dilokasi,” tuturnya.

Masih keterangan H Ibrahim, pada tahun sebelumnya pihaknya memberikan pelayanan perekaman data kepada siswa yang akan berusia 17 tahun, tetapi dalam beberapa bulan ini tidak dapat dilaksanakan, lantaran semua Sekolah Menengah Atas (SMA) melakukan pembelajaran secara online. “Praktis tidak ada pelayanan perekaman data pada satuan pendidikan akibat penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” akunya.

Dikesempatan itu H Ibrahim juga menyampaikan harapan kepada warga yang belum berusia 17 tahun, tetapi sudah berumah tangga agar melakukan proses perekaman data diri, agar pada Pilkada mendatang dapat memberikan hak suara. “Dari data yang kami miliki, ada 4 orang yang belum berusia 17 tahun tetapi sudah berumah tangga, tetapi baru satu orang yang data untuk melakukan perekaman data diri,” bebernya.

Untuk diketahui bahwa data pemilih pemula yang dimiliki Didukcapil untuk kecamatan Jereweh ada 320 orang, sementara yang belum 178 orang. Kecamatan Taliwang ada 1.651 dan yang belum 772 orang. Kecamatan Seteluk ada 546 orang dan belum 292 orang.

Kecamatan Sekongkang ada 334 orang, sementara yang belum 130, kecamatan Brang Rea ada 453, sementara yang belum 253, kecamatan Poto Tanoada 358, sementara yang belum 195, kecamatan Brang Ene ada 192, sementara yang belum 98 dan kecamatan Maluk ada 384, sementara yang belum 217. **