Pemerintahan

Warga Miskin Terdampak Covid-19 Diberikan Paket Sembako

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag), mulai melakukan pendistribusian paket sembako bagi warga miskin yang terdampak bencana non-alam berupa penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Tersedia 4 ribu paket sembako yang akan dibagikan kepada warga miskin yang tersebar diseluruh wilayah KSB. Pendisribusian mulai dilakukan pada Rabu 21/10 (kemarin, red) di kecamatan Taliwang dan akan berakhir pada 9 November mendatang dengan lokasi kecamatan Maluk,” kata Rahadian selaku kabid perdagangan pada Dinas Koperindag saat melakukan pendistribusian paket sembako di kecamatan Taliwang.

Dikesempatan itu Rahadian membeberkan bahwa untuk kecamatan Taliwang disiapkan paket untuk 1.533 Kepala Keluarga (KK), sementara Seteluk yang akan dibagikan pada Jum’at 23/10 (Hari ini, red) sebanyak 576 paket. Kecamatan Brang Rea direncanakan pada Senin 26 Oktober dengan jumlah 285 paket, lalu untuk kecamatan Brang Ene direncanakan pada Rabu, 28 Oktober dengan jumlah 339 paket.

Pembagian berlanjut pada Senin, 2 November dengan lokasi kecamatan Poto Tano yang berjumlah 272 paket, kemudian kecamatan Sekongkang pada Rabu, 4 November diperuntukan bagi 260 KK. Kecamatan Jerewen direncanakan pembagian pada Jum’at, 6 November dengan jumlah 341 paket dan kecamatan Maluk akan dibagikan pada 9 November pada 194 KK.

Masih keterangan Rahadian, pembagian paket sembako diharapkan dapat meringankan beban ekonomi warga miskin yang terdampak penyebaran Covid-19. “Meski jumlahnya tidak banyak, bantuan yang dibagikan semoga dapat meringankan beban ekonomi dan membantu pemenuhan gizi keluarga ditengah pandemi Covid-19,” tuturnya sambil meminta kepada penerima bantuan agar paket sembako jangan sampai dijual, karena akan terbeli dengan harga murah.

Sebagai informasi, barang yang masuk dalam paket sembako itu adalah, gula pasir seberat 1 kg, minyak goreng 1 liter, tepung terigu seberat 1 kg, mie instan 5 bungkus, telur 15 butir dan beras 3 kg.

Disaat itu Rahadian juga merincin jumlah penerima khusus wilayah kecamatan, yaitu, Kelurahan Menala sebanyak 196 kk, Kelurahan Kuang sebanyak 191 kk, Kelurahan Bugis sebanyak 141 kk, Kelurahan Dalam sebanyak 126 kk, Kelurahan Sampir sebanyak 127 kk, Kelurahan Telaga Bertong sebanyak 171 kk dan Kelurahan Arab Kenangan sebanyak 83 kk. Untuk tingkat Desa, Desa Labuhan Lalar sebanyak 95 kk, Desa Lalar Liang sebanyak 48 kk, Desa Labuhan Kertasari sebanyak 62 kk, Desa Seloto sebanyak 67 kk, Desa Tamekan sebanyak 36 kk, Desa Banjar sebanyak 46 kk, Desa Batu Putih sebanyak 59 kk, Desa persiapan Lamunga sebanyak 51 kk dan terakhir Desa Sermong sebanyak 34 kk. **