Politik

Agus Salim : Sebagian Besar Logistik Pilkada Sudah Diterima

Taliwang, – Sebagian besar logistik yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Sebagian besar logistik yang dibutuhkan sudah kami terima, tetapi ada juga beberapa yang masih menunggu proses pengiriman dari pihak penyedia,” ucap Agus Salim S.Pt selaku sekretaris KPU KSB saat dikonfirmasi media ini melalui selularnya.

Dibeberkan Agus sapaan akrabnya, logistik yang diterima dalam beberapa hari terakhir berupa sampul besar (surat suara), sampul biasa (formulir model C-KWK), sampul besar (surat suara sah), sampul sedang (surat suara rusak/salah coblos), sampul sedang (surat suara tidak sah), sampul besar (surat suara tidak digunakan), sampul besar (daftar pemilih dan daftar hadir) dan sampul sedang (salinan formulir model C-KWK utk ke PPS dan Kab/kota).

Dikesempatan itu Agus juga mengaku bahwa logistik yang diperuntukan untuk pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sudah diterima, diantaranya, sarung tangan plastik sebanyak 92.704 box, tissu towel sebanyak 3.148 box, kantong plastik sampah 750 buah, semprotan/sprayer 461 unit, tempat air berkran ember minimal 20 liter sebanyak 593 unit, hand sanitiser 415 botol, sabun pencuci tangan 706 botol serta disinfektan 491 botol.

Agus juga mengakui bahwa ada juga logistik untuk pencegahan Covid-19 yang belum diterima, diantaranya, thermometer infrared/thermo gun sebanyak 301 buah, baju hazmat sebanyak 291 unit, face shiel sebanyak 3.107 buah, masker kain sebanyak 4.064 buah, sarung tangan/latex 313 buah dan masker sekali pakai 913 buah.

Agus mengakui bahwa pihaknya sekarang ini juga masih menunggu pendistribusian logistik berupa formulir yang diperuntukan untuk pemungutan dan perhitungan, diantaranya, Model C Hasil, Model C Kejadian Khusus, Model C Pendamping, Surat Pengantar, Tanda Terima, Undangan, Formulir C Daftar Hadir Pemilih Pindahan, Formulir C. Daftar Hadir Pemilih Tambahan, Formulir C. Daftar Hadir Pemilih Tetap, Buku Panduan

Buku Panduan Pemungutan dan Penghitungan Suara untuk KPPS, termasuk alat bantu tuna netra/template dan daftar pasangan calon.

Terakhir Agus menyampaikan jadwal KPU KSB terkait dengan logistik Pilkada, yaitu, sortir set logistik dalam kotak sedang berlangsung dan akan berakhir 4 Desember mendatang, sementara sortir set logistik luar kotak sampai 30 November nanti. Untuk pengepakan logistik dalam kotak akan dilaksanakan setelah semua kebutuhan diterima atau pada kisaran 4-6 desember, sedangkan pengepakan logistik luar kotak sedang berlangsung, termasuk pengepakan logistik Alat Plindung Diri (APD).

Untuk distribusi logistik yang berada dalam kotak akan dilaksanakan pada 8 Desember menuju Panitia Pemungutan Suara (PPS), sementara logistik luar kotak dan logistik APD baru akan didistribusikan pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada 4 Desember, sementara untuk PPS dan KPPD diperkirakan pada 7-8 Desember. **