PemerintahanSosbud

Pusat Keramaian dan Akses Publik Wajib Berlakukan Ketat Prokes

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bersama Polri dan TNI, sanga intens menggelar rajia yustisi dalam rangka mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), bahkan menegaskan bahwa semua pusat keramaian dan akses publik wajib memberlakukan secara ketat Protokol Kesehatan (Prokes).

Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono S.IK, MH melalui Paur Humas Edi Soebandi S.Sos menegaskan, pusat keramaian atau akses public seperti pasar dan taman harus jadi atensi bersama untuk pemberlakuan prokes, lantaran menjadi salah satu lokasi yang rentan terjadi penularan Covid-19. “Siang dan malam tim gabungan TNI, Polri dan pemerintah KSB sangat rutin melakukan edukasi terhadap warga terkait pencegahan penularan Covid-19,” katanya.

Dalam keterangan resmi yang diterima media ini, pihak Polres selalu mencari inovasi dalam rangka mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19. “Polres terus berinovasi dan berusaha untuk membangun partisipasi aktif masyarakat dalam mencegah covid-19 dan semoga menjadi efektif dalam mengajak masyarakat,” lanjutnya.

Masih dalam keterangan resmi Polres, atensi khusus untuk memberlakukan secara ketat prokes pada akses publik, terutama pasar yang menjadi tempat aktifitas jual beli, lantaran sektor ekonomi itu sangat rentan menjadi lokasi penyebaran. “Pasar Tana Mira Taliwang menjadi pasar terbaik dan tersehat di Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu diraih dalam lomba kampung sehat yang diinisiasi oleh Polda NTB,” ungkapnya.

Prestasi yang diraih itu menjadi motivasi bersama dengan masyarakat, agar tetap memberlakukan kebiasaan menggunakan masker, menjaga jarak serta selalu mencucui tangan. “Semoga keberhasilan pasar Tana Mira meraih nominasi sebagai pasar terbaik dan tersehat menjadi motivasi tersendiri bagi pasar tradisional lain di KSB, termasuk dapat menjadi jaminan kepada masyarakat agar tidak usah takut berbelanja di pasar,” tegasnya.

Kesuksesan meraih predikat sebagai satu-satunya pasar tersehat di NTB ini tidak lepas dari peranan pemerintah daerah, TNI Polri dan masyarakat setempat yang patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Lurah Dalam Kecamatan Taliwang, Hasdar Ja’far mengungkapkan rasa terimakasihnya dan kebangga yang luarbiasa atas capaian yang diraih pasar Tanamira yaitu menjadi pasar tersehat di NTB. “Tentu ini menjadi motivasi bagi masyarakat KSB untuk terus menciptakan lingkungan yang bersih dan mematuhi protokol kesehatan dimana pun berada,” katanya. **