DPMD KSB Gelar Pra Penuntasan STBM dan Lomba Kampung Sehat Jilid II

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar acara pertemuan yang melibatkan berbagai komponen yang akan terlibat dalam percepatan pelaksanaan program kerja 100 hari Bupati KSB untuk penuntasan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan pelaksanaan lomba kampung sehat jilid II.

Kegiatan yang dipusatkan dilantai 3 gedung Setda KSB pada Selasa pagi 9/3 kemarin, dihadiri langsung Bupati KSB, Dr Ir H W Musyafirin, MM dengan didampingi Kapolres KSB, AKBP Herman Suriyono S.Ik, MH, asisten Ekonomi Pembangunan, Amar Nurmansyah, ST, M.Si, kepala DPMD KSB, Drs Mulyadi M.Si dan kepala BNNK, AKBP Ahmad Cheppy Hidayat, S.Sos.

H Firin sapaan akrab Bupati KSB dikesempatan itu menyampaikan, dalam 100 hari kedepan diharapkan kepada kita semua untuk fokus melaksanakan program yang menjadi ikhtiar penuntasan program STBM. “Kekompakan bersama antara pemerintah, Polri dan TNI yang pernah kita laksanakan untuk menuntaskan berbagai program semoga bisa dipertahankan, termasuk dalam menuntaskan program STBM selama 100 hari kedepan,” ucapnya.

Dikesempatan itu H Firin mengingatkan bahwa pilar STBM pertama, yaitu bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sudah tuntas dilaksanakan, begitu juga dengan pilar kedua, yaitu cuci tangan pakai sabun juga tuntas sebelum penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan pilar ketiga, minum air yang dikelola sudah dicapai. ”Kita sekarang tinggal pilar 4 dan 5, yaitu, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengolahan air limbah rumah tangga,” tegasnya.

Rencana 100 hari tuntaskan pilar ke-4 dan ke-5 STBM juga dimomentumkan dengan pelaksanaan Lomba Kampung Sehat. Para ASN nantinya akan bertugas dan bertanggung jawab atas lingkungan tempat tinggalnya masing-masing. Lanjut Bupati, di masa pandemi saat ini pemulihan ekonomi masyarakat menjadi fokus utama Pemerintah. Basis pemulihan ekonomi yang digencarkan yakni pemulihan ekonomi berbasis pekerjaan pokok masyarakat.

Kapolres KSB pada kesempatan itu menyampaikan tentang komitmen untuk menjadi bagian penting dalam penuntasan pilar STBM, sehingga memastikan bahwa semua personil, terutama Bhabinkamtibmas akan berperan aktif membantu pemerintah dalam memastikan pelaksanaan pilar STBM. “Polri dan TNI sudah bersepakat untuk menjadi bagian dari pemerintah dalam menuntaskan STBM,” ucapnya.

Sementara Drs Mulyadi M.Si selaku kepala DPMD KSB usai pelaksanaan pertemuan langsung memimpin acara penyampaian tekhnis penilaian lomba kampung sehat, termasuk membahas konsep dalam percepatan penuntasan STBM. **