Pendidikan

Kelas Kecil Perpustakaan Berbasis Gotong Royong Sarana Tingkatkan Minat Baca

Taliwang, – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat (Dinas Arpus KSB) memaknai perpustakaan sebagai pusat kegiatan dan sumber belajar, sehingga sejak tahun 2019 menggelar kegiatan kelas kecil berbasis gotong royong, dimana ada pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan secara aktif sesuai dengan amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Drs H Syamsul Kamil, MM selaku kepala Dinas Arpus kepada media ini menyampaikan, untuk program kelas kecil yang dilaksanakan pada tahun terbagi pada beberapa kategori, diantaranya, kelas kecil hari minggu yang telah dilaksanakan pada Januari lalu dengan tema, Memasak melibatkan ibu dan anak agar tercipta hubungan emosional serta melatih kerja tim. Selain itu, kelas kecil yang pernah dilaksanakan menghadirkan ahli gizi sebagai narasumber yang membuka tanya jawab seputar kebutuhan gizi anak dimasa perkembangan mereka. “Untuk bulan Februari telah dilaksanakan kelas kecil bertema Quarter Life Crisis yang menghadirkan Psikolog sebagai Relawan, sementara peserta dari kalangan remaja dan dewasa awal,” lanjutnya.

Selain itu Perpustakaan juga melaksanakan kelas kecil klub baca dan cerita dengan jenjang usia peserta yang berbeda tiap bulannya. Kegiatan ini selain upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat juga untuk memberantas buta aksara fungsional. “Kegiatan ini dapat menjadi media relaksasi, sarana melatih public speaking, membiasakan terbuka dan menghormati pendapat orang lain, serta menjadi salah satu sumber data lapangan preferensi buku yang disukai masyarakat,” tuturnya.

Dibeberkan H Syamsul Kamil, pihaknya telah melaksanakan klub baca dan cerita yang menyasar usia dewasa bertempat di ruang publik, kemudian melaksanakan kegiatan yang sama dengan peserta mahasiswa dari Universitas Cordova dan beberapa waktu lalu dengan peserta anak – anak usia Taman Kanak – Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

Terakhir disampaikan H Syamsul Kamil bahwa semangat transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang menempatkan Perpustakaan KSB sebagai Perpustakaan Kabupaten Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2020, maka Perpustakaan Kabupaten yang berlokasi di area Kemutar Telu Center ini terus melakukan upaya – upaya inovatif guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna layanan. Salah satunya dengan predikat akreditasi C pada tahun 2020 dan akan ditingkatkan lagi pada tahun 2021 ini menyusul bertambahnya program kegiatan maupun sarana prasarana pendukung Perpustakaan Kabupaten Sumbawa Barat terutama kegiatan Kelas Kecil yang menyasar kaum marjinal, baik itu penyandang masalah kesejahteraan sosial, anak yatim piatu, mantan tenaga migran, serta perempuan kepala keluarga, dengan beragam tema yang menyentuh keseharian dan dapat menjadi alternatif mata pencaharian sebagaimana amanat literasi untuk kesejahteraan. Tidak hanya sejahtera secara fisik, tetapi juga sejahtera psikis. **