Penjabat Sekda KSB Ingatkan ASN dan PTT Soal Tuntas Pilar STBM

Taliwang, – Penjabat sekda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Amar Nurmansyah, ST, M.Si mengingatkan semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT), jika penuntasan pilar 4 dan 5 untuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah menjadi bagian dari tanggung jawab dan kewajiban bersama.

“Pada beberapa lokasi diketahui ada geliat aktifitas untuk penuntasan pilar 4 dan 5 STBM yang dilaksanakan ASN dan PTT bersama dengan masyarakat, namun juga ada laporan bahwa masih ada rumah ASN dan PTT yang belum menerapkan pilar STBM,” ucap Amar sapaan akrabnya saat didepan sejumlah wartawan.

Dikesempatan itu Amar mengaku jika dirinya sudah berkomunikasi dengan Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), agar dalam sisa waktu 100 hari kerja Bupati dan wakil Bupati KSB, bisa mengeluarkan himbauan atau surat sejenisnya sebagai pengingat bahwa penuntasan pilar STBM harus dilaksanakan, apalagi kediaman ASN dan PTT. “Memang pernah ada himbauan terkait dengan ASN dan PTT, tetapi tidak salah jika kembali diperkuat sebagai pengingat,” lanjutnya.

Lanjut Amar yang kini menjabat sebagai asisten administrasi ekonomi dan pembangunan, jika beberapa hari lalu telah dilaksanakan rapat koordinasi dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan evaluasi dan percepatan penuntasan STBM. “Dalam rapat itu langsung diingatkan bahwa rumah pimpinan OPD harus dipastikan telah melaksanakan pilar STBM,” ungkapnya.

Amar mengakui jika dalam beberapa pertemuan yang diikuti, ada laporan atau informasi yang disampaikan komponen masyarakat, jika ada beberapa pejabat selaku pimpinan OPD yang belum tuntas pilar STBM. “Mungkin pejabat dimaksud masih konsentrasi membantu warga, jadi yakin saja bahwa pejabat lingkup pemerintahan KSB akan menerapkan dan menuntaskan pilar STBM pada kediaman masing-masing,” tegasnya.

Amar tidak lupa juga untuk menyampaikan terimakasih kepada para ASN dan PTT atas kepekaan sosial yang telah dilakukan dalam pilar 4 yakni pengelolaan sampah rumah tangga dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga. “Wajib untuk menyampaikan ucapan terima kasih, karena para ASN dan PTT sudah menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat bahkan menunjukan diri sebagai bagian dari pemerintah dalam menyelesaikan persoalan sosial,” katanya.

Terakhir diakui bahwa sisa waktu yang kurang dari 15 hari ini akan mampu dituntaskan pilar 4 dan 5 STBM, lantaran dirinya melihat bahwa masyarakat secara umum juga mendukung pelaksanaan program tersebut. “Kesadaran masyarakat tentang pentingnya melaksanakan pilar dalam STBM cukup tinggi. Hal itu menjadi keyakinan bahwa dalam sisa waktu ini akan mampu dituntaskan pilar STBM,” ungkapnya. **