Pemerintahan

ULP KSB Upayakan Tender Semua Proyek Rampung Akhir Juni

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) akan berupaya merampungkan semua proses tender pada akhir Juni ini, terutama kegiatan yang pembiayaan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Ada tersisa belasan proyek yang sedang dalam proses tender, bahkan diantaranya sedang menunggu penetapan pemenang atau penunjukan perusahaan pelaksana, jadi besar kemungkinan bisa rampung pada akhir bulan ini,” ucap Sahril, ST, M.Si selaku Kabag ULP yang dikonfirmasi media ini pada Selasa 22/6 kemarin.

Lanjut Sahril, belasan proyek yang sudah masuk tahapan tender dan menunggu penentuan pemenang adalah pekerjaan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), dimana pekerjaan yang bernilai masing-masing ratusan juta itu sudah akan rampung dalam beberapa bulan kedepan. “Ada 11 proyek pembangunan SPAM yang sedang dalam proses dan semoga dalam beberapa hari ini sudah bisa diumumkan pemenangnya,” lanjutnya.

Pekerjaan yang menggunakan anggaran DAK juga untuk rehab sejumlah sekolah pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk pekerjaan itu sendiri termasuk sedang dalam proses. “Kami mengetahui bahwa batas akhir penyampaian laporan telah dilaksanakan proyek anggaran DAK pada 14 Juli mendatang, jadi proses tender harus lebih awal penyelesaiannya,” kata Sahril.

Untuk penyelesaian semua proyek anggaran DAK, Sahril memastikan tidak ada kendala yang dihadapi, karena dalam prosesnya pihaknya tidak melakukan intervensi apapun, sehingga perusahaan yang akan diberikan kepercayaan adalah perusahaan yang memang memenuhi syarat tender. “Alhamdullah tidak ada kendala dan semoga sampai dengan pengumuman pemenang berjalan lancar, sehingga dapat dilanjutkan dengan pelaporan sampai pada penertiban Surat Penunjukan Kerja (SPK),” harapnya.

Menyinggung soal proyek yang bernilai miliaran, Sahril memastikan sudah semuanya diproses tender, apalagi untuk pekerjaan gedung yang akan membutuhkan waktu melebihi 6 bulan. “Kalau tidak salah semua proyek yang bernilai miliaran sudah tuntas proses tendernya, sehingga bisa dipastikan pihak rekanan akan melaksanakan pekerjaan sampai akhir tahun mendatang,” tegasnya. **